Penggunaan Aplikasi e-Rapor SD

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2019 telah mengembangkan aplikasi untuk pengelolaan penilaian di Sekolah Dasar dengan nama e- Rapor SD. Pengembangan aplikasi tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, mengolah, dan melaporkan hasil belajar peserta didik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Aplikasi e-Rapor SD telah diujicobakan pada bulan Juli 2019 dengan melibatkan LPMP, Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemdikbud, dan praktisi pendidikan. Selanjutnya aplikasi tersebut pada bulan Agustus 2019 telah disosialisasikan kepada 68 kabupaten/kota di 34 provinsi masing-masing sebanyak 15 SD dengan sasaran sebanyak 1.020 SD (daftar 68 lokasi sosialisasi e-Rapor SD pada Lampiran 1).

  1. Menindaklanjuti sosialisasi tersebut, Direktorat Pembinaan SD telah meluncurkanpenggunaan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 pada tanggal 15 Oktober 2019 di Hotel Mercure Surabayaoleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bersamaan dengan pembukaan kegiatan Lomba Budaya Mutu SD. Berkaitan dengan hal tersebut kami sampaikan bahwa:
    Aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 tahun 2019 dapat digunakan oleh SD sejak tanggal peluncuran,
  2. Keunggulan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 adalah sudah terintegrasi dengan Dapodik,
  3. Penggunaan aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 di SD dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan sumberdaya manusia dan infrastruktur pendukung penggunaan e-Rapor SD versi V.1.0 .dan diharapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 seluruh SD sudah menggunakan e-Rapor,
  4. Direktorat Pembinaan SD telah melatih Tim Fasilitator e-Rapor SD dari unsur Direktorat Pembinaan SD, LPMP, Pustekom Kemdikbud, dan praktisi pendidikan sebagaimana pada Lampiran 2,
  5. Aplikasi e-Rapor SD versi V.1.0 tahun 2019 beserta panduan pengoperasiannya dapat diunduh di: bit.Iy/aplikasi erapor sd 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk memprogramkan, mensosialisasikan dan memfasilitasi penggunaan aplikasi e-Rapor SD tersebut kepada seluruh SD. Informasi lebih lanjut mengenai e-Rapor SD dapat menghubungi Ine Rahmawati, S.Pd, M.Si. (081389998580) dan Anis Sukmonowati, SE (08158147680)

 

 

Artikel Lain

Peringatan Hari Kartini BPMP DIY : Kemajuan Perempuan untuk Mendidik Anak Bangsa

Yogyakarta – Bertepatan dengan momentum Peringatan Hari Kartini, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta …

Mari Berpartisipasi dalam Survei Kepuasan Masyarakat agar Layanan BPMP DIY Semakin Baik

UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PP Nomor 96 Tahun 2012 tentang …