BPMP DIY Sosialisasikan Penguatan MPLS Transisi PAUD-SD kepada Pokja Bunda PAUD

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan sosialisasi dan koordinasi untuk memperkuat implementasi kebijakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dalam transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD). Acara ini diadakan pada Rabu (24/04/24) di Hotel Grand Keisha Yogyakarta.

Sosialisasi diikuti oleh 30 orang peserta dari Ibu PAUD DIY, Pokja Ibu PAUD kota dan kabupaten se DIY, serta Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-DIY. Ibu PAUD DIY, GKBRAA Pakualam (Gusti Putri), dalam kegiatan ini menyampaikan amanat agar  jajaran Pokja Ibu PAUD dan TP PKK dapat bersinergi mendukung Gerakan Transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

“Hal penting yang perlu dikawal adalah tidak melakukan tes calistung kepada anak sebagai syarat seleksi masuk SD,” tandasnya. Selain itu, Gusti Putri mengingatkan agar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi anak dan orangtua dilaksanakan sebagai pendekatan transisi yang nyaman dalam memasuki jenjang pendidikan dasar.

“Kita juga perlu mendorong semua satuan pendidikan untuk menyajikan pembelajaran yang menekankan pada pencapaian 6 kemampuan pondasi anak-anak kita,” tegasnya. Layanan pendidikan yang mengikuti kebijakan ini, menurut Gusti Putri sangat menunjang terpenuhinya hak-hak anak untuk mengembangkan kompetensi dan kepribadiannya secara optimal.

Ketua Tim Kerja 1 Inovasi dan Transformasi BPMP DIY, Mahmudin, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan Gerakan transisi PAUD-SD yang Menyenangkan. Pihaknya mendorong Pokja PAUD untuk berpartisipasi mendeseminasikan tiga target perubahan kepada satuan pendidikan dan orang tua di wilayah masing-masing.

“Penting untuk menjalin kolaborasi di antara semua elemen yang berkepentingan dengan dunia pendidikan untuk mengawal program prioritas Kemdikbudristek,“ ujarnya. Peserta kegiatan juga mendapatkan penguatan praktik MPLS yang sesuai transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

Materi ini difasilitasi oleh narasumber Nindyah Rengganis dari Early Childhood Care and Development-Resource Center (ECCD-RC). MPLS transisi PAUD-SD, menurut Rengganis menjadi momen krusial dalam mempersiapkan anak-anak untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Maka pendalaman yang mendalam mengenai konsep MPLS transisi, tujuan, dan strategi implementasinya sangat penting,“ ujarnya. Acara diwarnai diskusi tentang peran serta orang tua dan guru dalam mendukung proses transisi yang lancar bagi anak-anak.

Forum ini bagi para peserta dimanfaatkan pula untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam melaksanakan MPLS transisi di berbagai lembaga pendidikan di DIY. Harapannya melalui pertukaran pengalaman, dapat ditemukan solusi-solusi terbaik untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam pelaksanaan MPLS transisi.

Artikel Lain

Kunjungi Tamasiswa Dirjen PAUD Dasmen Mengajak Tanamkan Karakter Sejak Dini

Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen Kemendikdasmen, Gogot Suharwoto, SPd MEd PhD berkunjung ke Pendapa Agung …

Dirjen PAUD DASMEN Bangga dengan Upaya Peningkatan Mutu di SD Muhammadiyah Sagan

Guru merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kualitas guru yang baik akan …