WEBINAR SERI 1: STRATEGI PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)

Masa pandemi merupakan tantangan di segala aspek kehidupan termasuk pendidikan di sekolah. Guru yang terbaik adalah guru yang tidak pernah berhenti mencari cara bagaimana memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Tidak terkecuali di masa pandemi ini. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I Yogyakarta dalam perannya sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan menyadari sepenuhnya bahwa proses pembelajaran bermutu tidak bisa berhenti karena pandemi. Oleh karena itu sebagai salah satu bentuk peran aktif dalam memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah, LPMP D.I Yogyakarta menyelenggarakan webinar Strategi Penulisan PTK-PTS.

Sebagai pemateri webinar adalah Kepala LPMP DIY- Minhajul Ngabidin,S.Pd,M.Si; widyaiswara LPMP DIY- Drs. Suharji, M.Pd; Widyaprada LPMP DI Yogyakarta- Dr. Sugiyanta, M.Pd dan bertindak sebagai moderator webinar Koordinator seksi FPMP LPMP DIY –Dra.Titi Sulistiyani,M.Pd. Webinar ini diikuti oleh para pendidik dan tenaga kependidikan di DI Yogyakarta yang sebagian besar adalah peserta pendampingan PTK/PTS LPMP D.I Yogyakarta sejumlah 380 orang.

Webinar diawali dengan paparan dari Kepala LPMP DIY pada pukul 9.00 WIB yang menyampaikan bagaimana pendidik dan tenaga kependidikan harus mengubah pola pikir tentang bagaimana melaksanakan layanan pendidikan lebih baik pada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu pendidik (guru) selalu dituntut untuk terus melakukan inovasi-inovasi, salah satunya melalui penelitian tindakan kelas. Pemateri kedua dari Widyaiswara LPMP DIY menjelaskan bahwa masa pandemi bukan halangan untuk pendidik dan tenaga kependidikan melakukan inovasi-inovasi melalui penelitian tindakan-baik kelas maupun sekolah. Drs.Suharji, M.Pd juga menyampaikan tentang penyusunan proposal PTK/PTS. Pemateri ketiga dari Widyaprada LPMP DIY, menegaskan  bahwa penelitian tindakan merupakan salah satu cara pendidik dan tenaga kependidikan agar terus – menerus memperbaiki proses belajar mengajar terutama melalui tahapan refleksinya. Dr. Sugiyanta, M.Pd menjelaskan pula mengenai tata cara penyusunan laporan PTK/PTS.

Paparan dari para pemateri dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta dan penjelasan kegiatan kemitraan yang telah dilakukan oleh LPMP DIY  dengan kelompok pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Webinar berakhir pada pukul 12.00 WIB. Webinar seri 1 akan dilanjutkan dengan seri 2 dst. (marike/LPMP DIY)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …