UP-UKMPPG Menyesuaikan PPKM: Jadwalnya Mundur, Berlangsung Daring Berbasis Domisili

Pemerintah kembali menerapkan perpanjangan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) guna mengendalikan sebaran wabah Covid19. Menyesuaikan kebijakan ini, maka Uji Pengetahuan (UP) UKMPPG tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring dengan berbasis domisili.

Selain itu kegiatan UP-UKMPPG Prajabatan serta UP-UKMPPG Dalam Jabatan Angkatan 1 pelaksanaannya juga diundur sesuai jadwal berikut ini :

No Kegiatan Jadwal Semula Perubahan Jadwal
1 Uji Pengetahuan UKMPPG Prajabatan 23 Agustus 2021 4 September 2021
2 Uji Pengetahuan UKMPPG Dalam Jabatan Angkatan 1 21 – 22 Agustus 2021 4 – 5 September 2021

Keterangan resmi Ditjen GTK kemdikbud Ristek Dikti dapat diunduh di sini. Hingga surat tersebut beredar, keterangan yang berhasil diperoleh LPMP DIY bahwa UP-UKMPPG dalam jabatan angkatan 1 dipastikan akan dilangsungkan dalam platform daring berbasis domisili.

Sumber kami di Ditjen GTK kemdikbud juga menambahkan, bahwa untuk UP-UKMPPG dalam jabatan angkatan 2 ada kemungkinan juga secara daring berbasis domisili. Secara teknis tentu menjadi tanggung jawab mahasiswa (guru) untuk memantau perkembangan informasi UP-UKMPPG yang akan disampaikan oleh LPTK tempatnya berkuliah PPG.

UKMPPG harus disiapkan dengan baik oleh mahasiswa, sehingga berhasil lulus sebagai salah satu syarat memperoleh sertifikat pendidik profesional. Apabila tidak lulus masih dapat mengulang hingga 6 kali dalam 2 tahun. Namun konsekuensinya jika mengulang UKMPPG harus membiayai sendiri, maka diharapkan sekali menempuh langsung lulus. (yudhakurniawan/LPMP)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …