Tingkatkan Kompetensi Guru, BKPP Sleman teken MoU dengan LPMP DIY

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman sebagai institusi pembina kepegawaian yang bertanggung jawab pada pengembangan kompetensi pegawai di wilayah Kabupaten Sleman pada tahun 2020 telah merancang dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan peningkatan kompetensi guru.  Untuk menjamin penyelenggaraan pelatihan yg terakreditasi sekaligus meningkatkan mutu serta mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dengan saling melengkapi ilmu pengetahuan baik teori maupun praktik, BKPP Sleman menggandeng LPMP DIY sebagai salah satu lembaga penyelenggara diklat di D.I. Yogyakarta. Kerjasama peningkatan kompetensi guru  melalui pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran  bagi guru SMP dan penyusunan media pembelajaran bagi guru SD sebagaimana tertuang dalam MoU Penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan Bidang Pendidikan telah ditanda tangani pada Senin, 9 September 2020 bertempat di Gedung Ki Mangun Sarkoro LPMP DIY.  Hadir menandatangani MoU Kepala BKPP Kabupaten Sleman, H. Priyo Handoyo, SH. M.Si  dan Kepala LPMP DIY Minhajul Ngabidin, S.Pd. M.Si.

Setelah acara penandatanganan MoU selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan diklat penyusunan perangkat pembelajaran bagi guru SMP. Peserta kegiatan sebanyak 30 orang guru SMP di wilayah Sleman. Diklat didesain dengan pola in-on-in agar peserta bisa langsung mengimplementasikan teori yang diperoleh selama pelatihan sekaligus melakukan evaluasi materi diklat saat in2.  Diklat dirancang sebanyak 84 JP selama 5 hari in1 di LPMP DIY, 4 hari on di sekolah masing-masing dan 2 hari In2 di LPMP DIY. Hadir sebagai salah satu narasumber kegiatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs. Eri Widaryana, M.M menyampaikan materi Kebijakan Dinas Pendidikan, sedangkan Kepala BKPP Sleman menyampaikan materi Kebijakan Pengembangan SDM.

Di masa pandemic Covid 19 seperti ini tentunya seluruh kegiatan tatap muka harus mematuhi protokol kesehatan. Disamping itu materi yang diberikan selama pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran jarak jauh dimana sampai saat ini masih banyak guru mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya (erni_fpmp)

 

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …