Strategi Menjangkau Sasaran Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru
dengan Menggunakan Modaliti Blended Training
Oleh :
Harli Trisdiono, SE. M.M
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : harli_tris@yahoo.co.id
Abstrak
Kompetensi guru sangat menentukan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu peningkatan kompetensi yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Pelaksanaan diklat secara konvensional (tatap muka) mengalami berbagai kendala dari segi waktu dan sumberdaya. Jumlah guru yang banyak membutuhkan strategi implementasi diklat yang dapat meningkatkan keterjangkauan sasaran diklat bagi guru. Karya tulis ilmiah atau publikasi ilmiah memegang peranan penting dalam peningkatkan kompetensi guru dan pelayanan yang diberikan kepada sekolah serta siswa. Strategi diklat yang sesuai dapat meningkatkan keterjangkauan sasaran diklat guru. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan diklat modaliti blended (blended training). Blended training adalah modaliti pelatihan yang mencampurkan modaliti tatap muka dengan pemanfaatan bantuan komputer dan jaringan internet (TIK) dalam pelaksanaan diklat. Teknologi digunakan untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan kualitas pelatihan.
Kata Kunci : diklat, blended traning, penelitian tindakan kelas, KTI