SINOMBEL 2021: BERBAGI PRAKTIK BAIK, LPMP DIY REFLEKSIKAN IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Education is not filling a pail, But lighting a fire -WB Yeats
(Pendidikan bukan mengisi ember melainkan menyalakan api -WB Yeats.)

Program Sekolah Penggerak sebagai salah satu episode Kebijakan Merdeka Belajar telah menuntaskan tahapannya di tahun 2021. Dalam rangka merayakan pencapaiannya,  LPMP D.I. Yogyakarta menggelar Simposium Nasional Inovasi Implementasi Merdeka Belajar (SINOMBEL) 2021, dengan tajuk :  “Serentak Bergerak Tingkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak” . Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan saling memantapkan langkah dan komitmen Sekolah Penggerak melalui sharing praktik-praktik baik, serta melakukan refleksi terhadap implementasi di sekolah sebagai bahan perbaikan selanjutnya.

SINOMBEL berlangsung selama sehari pada tanggal 16 Desember 2021, diikuti oleh 108 peserta dari unsur Sekolah Penggerak, Pelatih Ahli, UPT Kemendikbudristek di DIY, Dinas Pendidikan dan Balai Dikmen Kabupaten/Kota se-DIY, MKKS, KKKS, Pengawas Sekolah dan LPMP DIY.  LPMP D.I Yogyakarta juga memfasilitasi segenap insan pendidikan yang berminat untuk mengikuti simposium secara daring dengan membuka 3 link zoom meeting yang diikuti hampir 500 partisipan dari dalam dan luar Yogyakarta, serta menyediakan livestreaming melalu kanal youtube.

Mengawali kegiatan, Sesda D.I. Yogyakarta Drs. R.Kadarmanta Baskara Aji, M.Si berkenan memberikan sambutannya, yang mengapresiasi penyelenggaraan simposium sebagai bagian penting dari proses meningkatkan SDM sekolah yang merupakan pilar PSP. Lebih lanjut Pak Aji mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama memedomani dan menyukseskan PSP demi kemajuan mutu pendidikan, melalui teamwork dalam kapasitas dan perannya masing-masing. Kegiatan SINOMBEL 2021 dibuka secara resmi oleh Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Jumeri, S.TP.,M.Si  yang dalam pengarahannya menekankan bahwa Merdeka Belajar bukan sekedar program, tetapi gerakan yang diharapkan akan menghasilkan partsipasi pendidikan yang tinggi di semua jenjang, hasil pembelajaran yang berkualitas dan mutu pendidikan yang merata. PSP adalah katalisator untuk mewujudkan visi dan misi pendidikan melalui transformasi pendidikan yang membangun Profil Pelajar Pancasila. PSP akan menggerakkan ekosistem di sekitarnya, sebagai mentor untuk bergerak bersama didukung kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Ujungnya, tentu saja, adalah majunya mutu pendidikan. Sebagai simbol dimulainya SINOMBEL 2021, padakesempatan tersebut diserahkan Buku Proceeding Best Practices PSP 2021 oleh Sesda DIY kepada perwakilan UPT Kemendikbudristek dan Sekolah Penggerak.

Dua narasumber inti mengisi sesi Panel 1, yang pertama Feddy Djunaedi, Tim SKM Mendikbudristek dengan materi PSP sebagai Katalisator Mutu untuk Akselerasi Pemerataan dan Peningkatan Mutu Pendidikan, selanjutnya adalah Dr. Rejokirono, Pelatih Ahli PSP yang mengusung materi Transformasi Pembelajaran melalui Implementasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Panel 1 dipandu oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta, Minhajul Ngabidin, S.Pd.,M.Si, dengan antusiasme dan respon  yang cukup tinggi dari peserta baik yang mengikuti secara luring maupun daring.

Sesi berlanjut dengan Panel Kelas, yang membagi peserta ke dalam 4 kelas masing-masing dipandu oleh dua orang pendamping/pembahas dari unsur Widya Prada LPMP DIY. Sesi ini berisi pemaparan makalah Best Practices, tanya jawab dan penguatan dari pendamping/pembahas. Adapun pemakalah terdiri dari kepala sekolah atau guru dari Sekolah Penggerak. Sebagai apresiasi, dipilih pemakalah terbaik dari semua jenjang oleh para pendamping/pembahas.

Puncak SINOMBEL 2021 diisi dengan refleksi dan penguatan makalah Best Practices, penyampaian rekomendasi, pengumuman pemakalah terbaik dan penutupan secara resmi oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta. Kegiatan SINOMBEL 2021 yang didesain secara sederhana namun sarat manfaat ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat sekolah penggerak dan segenap stakeholder pendidikan untuk bersama-sama bergerak, tergerak dan menggerakkan mutu pendidikan, khususnya di D.I. Yogyakarta. (Sinta/PMS)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …