Seri sekolah sehat (4): Pembiasaan Aktivitas Fisik melalui Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)

SKJ merupakan bentuk senam massal dengan rangkaian gerak tertentu dan diiringi musik, yang berguna meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik. Dalam kampanye gerakan sekolah sehat, senam SKJ menjadi aktivitas untuk mewujudkan sehat fisik para peserta didik.

Selain itu, senam kebugaran jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai (sikap, mental, emosional, spiritual, sosial) dan pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang. Pelaksanaanya juga dapat dilakukan secara massal, mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Manajemen Pelaksanaan SKJ

Kemdikbudristek mendorong kegiatan SKJ dapat dilaksanakan secara rutin oleh sekolah minimal sekali dalam seminggu. Pelaksanaannya pada pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar, dengan hari pelaksanaan ditentukan oleh sekolah.

Kegiatan SKJ dapat dilaksanakan di halaman sekolah/lapangan/aula, dengan dukungan sarana pemutar musik, laptop, LCD dan layar proyektor.  Instrukturnya dapat memberdayakan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Dapat pula untuk peserta didik yang sudah terampil ditampilkan sebagai pemimpin SKJ sekaligus melatih jiwa kepemimpinannya. Apabila memungkinkan sekolah dapat memasang piranti untuk menampilkan video gerakan pada tampilan layar proyektor.

Manfaat senam SKJ rutin untuk kesehatan fisik

Pada dasarnya tubuh perlu membakar kalori dan bergerak setiap harinya agar sehat. Senam SKJ dapat membuat badan bergerak aktif dengan gerakan yang sederhana dan juga dapat membantu membakar kalori. Oleh karena itu, manfaat senam SKJ bagi kesehatan fisik peserta didik dan warga sekolah antara lain:

  1. Menjaga berat badan seimbang
  2. Menurunkan risiko serangan jantung
  3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker
  4. Menguatkan tulang, otot, dan persendian sehingga tidak rentan terkena osteoporosis
  5. Meningkatkan stamina dan membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa tidur lebih nyenyak

Manfaat senam SKJ untuk kesehatan mental

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan diketahui dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan mental. Ditambah lagi, selama senam SKJ, para pesertanya dapat bercanda dan tertawa bersama. Berikut adalah manfaat senam SKJ terjadap kesehatan mental:

  1. Meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dan guru
  2. Membantu mengatasi kecemasan dan stress dengan aktivitas sekolah
  3. Meningkatan konsentrasi belajar dan mengajar
  4. Menciptakan suasana hati atau mood belajar dan mengajar yang lebih baik

Manfaat senam SKJ dari sisi sosial

Senam SKJ biasanya dilakukan bersama-sama. Maka, senam SKJ bisa membuka kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan seluruh teman dan guru. Berikut adalah manfaat senam SKJ dari sisi sosial:

  1. Meningkatkan hubungan kekerabatan dengan teman sekolah, guru, dan tenaga kependidikan
  2. Menciptakan kesempatan untuk bersosialisasi dan berkenalan dengan teman yang tidak sekelas maupun guru yang tidak mengampu di kelasnya
  3. Mengurangi perilaku antisosial, termasuk tindakan agresif dan mengganggu
  4. Membantu mengembangkan keterampilan kerja sama antarwarga sekolah

Senam SKJ dapat memberikan manfaat yang menyeluruh. Maka sudah sangat tepat kebijakan Kemdikbudristek mendorong setiap sekolah melaksanakan SKJ secara rutin dengan melibatkan seluruh warga sekolah.

Sumber :

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/

https://www.alodokter.com/

Artikel Lain

BPMP DIY Melaksanakan Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (BPMP DIY) melaksanakan kegiatan advokasi kebijakan …

Partisipasi Peserta Didik Non Formal di DIY untuk Menempuh Uji Kesetaraan Sangat Tinggi

Yogyakarta – Uji kesetaraan sebagai mekanisme untuk mengukur kemampuan peserta didik non formal, sehingga dapat …