RATUSAN PELUKIS CILIK BERLOMBA DI BPMP DIY

Sedikitnya 172 siswa SD dan TK/PAUD se-DIY berpartisipasi dalam lomba Lukis dan mewarnai gambar dalam rangka Grebeg Prestasi dan Gelar Seni Pelajar Pancasila. Lomba berlangsung Selasa 20 Desember 2022 di Kampus BPMP DIY Tirtomartani Kalasan Sleman. Para pelukis cilik ini terbagi dalam 3 kelompok perlombaan, meliputi mewarnai untuk siswa TK/PAUD, melukis untuk siswa SD kelas 1-3, serta melukis untuk siswa SD kelas 4-6.

Para siswa TK/PAUD berlomba mewarnai pola gambar bertema lestari alamku, sedang kelompok SD kelas 1-3 melukis bertema cinta tanah air. Sementara itu pada kelompok perlombaan melukis untuk siswa SD kelas 4-6 mengambil tema keragaman Indonesia. Hasil karya para peserta dinilai oleh dewan juri dari SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR Yogyakarta) yang terdiri Subandi, Catur Setiawan, Hartono, dan Fuad Ardi Nugraha.

Menurut panitia Dr. Sugiyanta, S.Pd., M.Pd., kegiatan ini dalam rangka mendorong iklim pembinaan minat dan bakat seni rupa usia dini di D.I. Yogyakarta. Tema pada lomba relevan juga untuk menanamkan nasionalisme kepada para peserta dengan mengeskpresikan dalam sebuah karya seni. Pihaknya sangat bangga kepada semua pelukis cilik yang tampil berlomba, bahkan Sugiyanta menilai semua peserta memiliki bakat yang harus terus diasah agar semakin baik.

Sugiyanta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya lomba ini khususnya para peserta, orang tua, dan para guru pembimbing. Sugiyanta menegaskan bahwa semua peserta telah menampilkan karya terbaiknya sebagai para pelajar Pancasila.

Lomba Lukis dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP DIY Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya Eko Sumardi mengajak para guru pembina dan orang tua siswa untuk terus memupuk minat dan bakat yang dimiliki anak. Melalui pembinaan yang benar maka bakat dan potensi anak akan berkembang maksimal sehingga sangat berguna bagi bekal kehidupannya kelak setelah dewasa.

Hasil Lomba

Pada perlombaan ini untuk kelompok mewarnai siswa TK/SD berhasil meraih juara I Veronica siswa TK ABA Kadisoka Kalasan, juara II Farzana Syafaq siswa TK Annur 1, juara III Arsenio Nakula siswa TK Islam Bakti 2 Glondong, juara harapan I Cahaya Arsy Ramadhani siswa TK ABA Kemiri Margosari Kulon Progo, juara harapan II Muhammad Al Fatih siswa TKIT Ibnu Mas’ud Wates,  dan juara harapan III Gema Carlotta siswa TK Kanisius Sengkan.

Pada lomba melukis siswa SD kelas 1-3 berhasil meraih juara I Amora Reyna Natya siswa SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel Sleman, juara II Diva Rizqi Avisha siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, juara III Ghatfaan Yudha siswa SDIT Baitussalam, juara harapan I Danesha siswa SDN Kotagede 5, juara harapan II Nabiba Naqiya siswa SDIT Baitussalam, juara harapan III Farzan Ahza siswa SDN Rejowinangun 3.

Sementara itu pada lomba melukis siswa SD kelas 4-6 juara I diraih oleh Jaya Kusuma siswa SDN Depok I, juara II Bagus Putra Tama siswa SD Kanisius Totogan, juara III Ferli Efelin siswa SD Muhammadiyah Mertosanan Banguntapan, juara harapan I Nahl Hizbul Achyuta siswa SDN Pujokusuman 1, juara harapan II Livia Dewi Amanda siswa SDN Gambiranom, juara harapan III Naili Alifatun Nisa siswa SDN Legundi 1 Panggang. Para juara lomba ini mendapatkan piala tetap serta piagam penghargaan dari BPMP DIY. (yudhakurniawan/BPMP)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …