RAPATKAN BARISAN UNTUK KAWAL SEKOLAH PENGERAK, BPMP DIY LAKSANAKAN BIMBINGAN TEKNIS SEKOLAH PENGERAK UNTUK TIM PMO

Sekolah penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan paradigma pendidikan di Indonesia, melalui upaya pengimbasan praktek-praktek baik transformasi pendidikan yang telah dilakukan kepada sekolah lain. Proses ini diharapkan akan mampu mengakselerasi seluruh sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju, sehingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak. Dalam rangka mendukung kebijakan tranformasi pendidikan melalui  Merdeka Belajar dan implementasi Program Sekolah Penggerak di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, maka BPMP melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sekolah Penggerak untuk Tim Programme Management Office ( PMO) pada Hari Senin, tanggal 20 Juni 2022 di Hotel Grand Rohan Jogja.

Kegiatan ini diharapkan memberikan bekal pemahaman kepada Tim PMO Program Sekolah Penggerak terakait dengan Desain Program Sekolah Penggerak serta 5 (lima) intervensi peningkatan mutu yaitu Pembelajaran pradigma Baru, Penguatan SDM, Digitalisasi Sekolah, Perencanaan Berbasis Data, dan Pendampingan Konsultatif dan Asimetris Pemerintah Daerah  terhadap Program Sekolah Pengerak sehingga meningkatkan sinergi dan dukungan pemerintah daerah dalam mengawal implementasi program sekolah penggerak .

Kepala BPMP D.I. Yogyakarta Drs. Eko Sumardi, M.Pd , menegaskan bahwa pembekalan TIM PMO sangat urgen dilaksanakan agar memiliki pemahaman yang sama dalam mengawal implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP).

Kepala Dinas Dikpora Provinsi Yogyakarta Didik Wardaya, SE, MPd, dalam  pengarahanya menyampaikan kegiatan Bimbingan Teknis Sekolah Penggerak untuk TIM PMO ini untuk menyamakan persepsi bagaimana menyusun strategi implementasi sekolah pengerak, yang berorientasi pada adanya peningkatan output siswa, tumbuhnya ekosistem yang mendukung serta mencegah terjadinya praktek praktek yang dapat menurunkan tingkat peradapan. Guru menjadi kunci dan perlu mendapatkan pemahaman yang benar mengenai PSP dan yang terakhir perlu ada kegiatan refleksi dan diseminasi dari guru yang sudah mendapatkan pelatihan.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini antara lain Kepala Dinas Dikpora D.I. Yogyakarta, Kepala BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta, Koordinator Fasilitator Sekolah Penggerak,  Tim PSP BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta . Peserta kegiatan dihadiri dari unsur  Dinas Dikpora DIY, Dinas Dikpora Kab/Kota, Balai Dikmen Kab/Kota, BBGP DIY, dan BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …