Puncak Semarak Hardiknas akan Digelar 24 – 26 Mei 2024 di Benteng Vredeburg

Yogyakarta – Kegiatan Puncak Semarak Hardiknas 2024 di DIY dipusatkan di Museum Benteng Vredeburg. Even ini akan berlangsung Jumat hingga Minggu, (24 – 26 Mei 2024), dan menjadi kerja bersama yang melibatkan semua UPT Kemdikbudristek dan PTN di DIY.

Menurut Koordinator Kegiatan Dr Sugianta, semua elemen Kemdikbudristek di DIY meliputi BPMP DIY, Museum Benteng Vredeburg, BBPPMPV Seni dan Budaya, BBGP DIY, Balai Bahasa Yogyakarta, AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, BPK Wilayah X, UGM, UNY, ISI, dan UPN, bersama-sama menjadi penyelenggara kegiatan ini.

”Ada 8 UPT dan 4 PTN sebagai penyelenggara, dengan tuan rumah Museum Benteng Vredeburg,” jelasnya. Selama 3 hari, Benteng Vredeburg akan menjadi ajang berbagai kegiatan yang melibatkan satuan pendidikan, guru, siswa, dan masyarakat dalam rangka menyemarakkan Hardiknas tahun 2024.

”Harapannya, banyak masyarakat yang berkunjung ke Benteng Vredeburg menikmati acara ini, maka kita selenggarakan di hari libur yang panjang, ” ujarnya. Pihaknya memilih Benteng Vredeburg sebagai lokasi untuk memperkuat makna sejarah dan edukasi dalam perayaan ini.

Para pengunjung nantinya dapat menikmati serangkaian kegiatan yang meliputi pameran, seminar, dan berbagai kegiatan edukatif lainnya yang menarik. Sugianta menjelaskan agenda acara di hari Jumat (24/05/24) meliputi flashmob di titik nol yang dilanjutkan jalan sehat keliling Malioboro. Selain itu di kompleks benteng diselenggarakan pembukaan pameran, workshop jemparingan, talkshow, dan gelar seni.

Selanjutnya di Hari Sabtu, (25/05/24), selain melanjutkan pameran, gelar seni, dan talkshow, juga dilaksanakan penganugerahan Merdeka Belajar Award, festival pencak silat, serta lomba lukis dan mewarnai. Sedangkan pada Hari Minggu, (26/05/24), masih melanjutkan pameran, gelar seni, dan festival pencak silat, serta diakhiri penyerahan penghargaan para juara lomba, dan seremoni penutupan.

Festival pencak silat dalam rangka Hardiknas ini merupakan rintisan awal, sehingga baru memperlombakan nomor seni tunggal. “Harapan kami, sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, SMK, serta madrasah dapat berpartisipasi mengirimkan delegasi pesilat seni tunggalnya,” ungkap Sugianta.

Pencak silat di Hardiknas ini, menurut Sugianta nantinya dapat dikembangkan dengan memperlombakan berbagai nomor seni hingga festival keragaman seni pencak. “Tentu saja, cita-cita menggelar festival pencak silat secara lengkap di arena semarak Hardiknas pasti ada,” ujarnya.

Rangkaian Kegiatan Hardiknas di DIY telah diawali tanggal 2 Mei 2024 dengan Upacara Bendera di seluruh UPT, PTN, instansi pemerintah, dan satuan pendidikan. Sugianta menambahkan, pada tanggal 2 Mei 2024 juga diadakan ziarah di makam Ki Hajar Dewantara, Taman Wijayabrata, Yogyakarta. Kemudian pada tanggal 2 hingga 6 Mei 2024 di Kampus BBPPMPV Seni dan Budaya telah digelar berbagai kegiatan antara lain senam massal, pameran, gebyar seni, seminar, dan gelar karya.

 

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …