Perkuat Sinergi dan Kompetensi Menuju Efektivitas Tujuan Program Kerja

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Program Kerja tahun 2023. Workshop berlangsung pada Senin dan selasa tanggal 15 hingga 16 Mei 2023 di Hotel Atrium Premiere Yogyakarta. Hadir menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan Kepala BPMP DIY Eko Sumardi. Dalam sambutannya Kepala BPMP DIY mengajak seluruh elemen institusinya untuk menciptakan sinergi menuju efektivitas pelaksanaan semua program kerjanya.

Menurut Eko Sumardi, seluruh kerabat kerja BPMP DIY perlu didorong untuk memahami tugas fungsi dari program kerja di tempatnya bertugas. Dengan demikian setiap pegawai akan memiliki level kompetensi yang memadai untuk mendukung setiap derap langkah BPMP DIY. Hal ini akan berimplikasi pada optimalisasi tercapainya tujuan dari program kerja.

Kepala BPMP DIY juga mengingatkan jajarannya agar lebih serius dalam mengadvokasi setiap kebijakan Kemendikbud Ristek sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di DIY. Berbagai pendekatan kepada pemerintah daerah perlu terus dilakukan agar kebijakan bidang Pendidikan di DIY bisa selaras dengan kebijakan Kemendikbud Ristek.

Sementara itu plt Kasubag Umum BPMP DIY Mustari menjelaskan bahwa peserta kegiatan ini melibatkan perwakilan setiap lini di instansinya. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh elemen BPMP DIY memiliki persepsi yang selaras atas program kerja berikut strategi pelaksanaannya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien dengan benefit optimal. Pihaknya mentargetkan pada kegiatan ini dapat tersinkronisasi jadwal pelaksanaan setiap program kerja.

Mustari menambahkan kegiatannya juga sebagai upaya untuk mematangkan kerangka acuan kerja sehingga dapat menggambarkan lebih jelas strategi dalam melaksanakan program kerja. Selain itu pihaknya melalui kegiatan ini ingin merealisasikan secara konsisten rencana penarikan dana tahun 2023 sehingga capaian nilai SAKIP dan IKPA dapat optimal.

Sebelum para peserta workshop berdiskusi dan bekerja menyusuna jadwal, kerangka acuan kerja, dan rencana penarikan dana 2023, diawali dengan pembekalan materi-materi yang relevan. Narasumber yang terlibat antara lain Sesditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen yang membekali peserta workshop dalam menyusun desain kegiatan yang efektif dalam mencapai tujuan. Selain itu materi pembekalan mengenai standar biaya masukan tahun 2023 dan optimalisasi capaian nilai indicator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) disampaikan oleh narasumber dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY. (yudha/BPMP)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …