Penyediaan Layanan Helpdesk untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Dapodik

Narasumber layanan helpdesk dapodik memaparkan materi

 

Sleman – Program–program pendidikan yang tepat  membutuhkan dukungan data yang lengkap, akurat, up to date, serta dievaluasi secara berkala. BPMP D.I.Yogyakarta bertugas memastikan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di wilayah kerjanya terpelihara dengan baik.

Hal itu disampaikan Kapokja Tata Kelola Satuan Pendidikan, Teguh Sardiyono, dalam pembukaan kegiatan Penyediaan Layanan Helpdesk Dapodik. Kegiatan berlangsung Rabu (10/4/2023), di Ruang Rapat 3 Kampus BPMP D.I.Yogyakarta.

Dapodik adalah sistem pendataan berskala nasional yang menjadi sumber data utama dari berbagai program perencanaan pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif. Menurut Teguh, penyediaan layanan helpdesk Dapodik merupakan solusi terkait permasalahan aplikasi Dapodik.

“Manfaat penyediaan layanan helpdesk adalah meningkatkan kualitas pengelolaan Dapodik,” ujar Teguh. Kegiatan ini juga mengupas Kebijakan PPDB Provinsi D.I Yogyakarta yang disampaikan narasumber Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Suci Rohmadi.

Suci menjelaskan bahwa pelaksanaan PPDB di wilayah D.I.Yogyakarta mengacu pada Peraturan Gubernur/Walikota/Bupati. “Penerapan PPDB melalui jalur zonasi juga perlu mempertimbangkan daerah penyangga di perbatasan wilayah,” tambahnya.

Suci juga memaparkan desain penyusunan laporan PPDB tahun 2023. Menurutnya, keberhasilan kegiatan ini ditunjang oleh komitmen dari seluruh pihak yang terlibat sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. (SAE/PTakolSP)

Artikel Lain

DIY Juara III Galasiswa Indonesia 2024 dan Dinobatkan sebagai Tim Fair Play

Jakarta – Tim sepak bola pelajar DIY berhasil meraih peringkat ketiga dalam ajang Galasiswa Indonesia …

Tim DIY Lolos ke Semifinal Gala Siswa Indonesia 2024 Usai Drama Adu Penalti

Jakarta – Tim Gala Siswa Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil melangkah ke babak semifinal …