PENJAMINAN MUTU PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN KLATEN
Oleh
Agus Wasisto Dwi Doso Warso
Widyaiswara LPMP DIY
wasisto_9865@ yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penjaminan mutu internal terhadap pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran IPA yang ada di Madrasah Ibtidaiyah.
Jenis penelitian yang gunakan adalah jenis penelitian kualitatif atau naturalistic. Subjek penelitian terdiri atas Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Komite Madrasah Ibtidaiyah, dan para guru yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam, observasi, dan mencatat dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif sebagai proses menyusun, mengkatagorikan data, dan mencari pola atau tema dengan maksud untuk memahami maknanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjaminan mutu yang dilakukan oleh MI Kab. Klaten belum optimal hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran IPA masih banyak yang belum sepenuhnya berpedoman pada perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sesuai dengan standar penilaian dan pelaksanaan penilaian hasil belajar IPA juga belum sepenuhnya sesuai dengan standar penilaian. Kondisi tersebut terjadi karena keterbatasan kemampuan guru dalam memahami dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
Kata kunci: Penjaminan mutu, penilaian hasil, pembelajaran IPA