Penjaminan Mutu Penilaian Hasil Pembelajaran IPA

PENJAMINAN MUTU PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN KLATEN
Oleh
Agus Wasisto Dwi Doso Warso
Widyaiswara LPMP DIY
wasisto_9865@ yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penjaminan mutu internal terhadap  pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran IPA yang ada di Madrasah Ibtidaiyah.
Jenis penelitian yang  gunakan adalah  jenis  penelitian  kualitatif atau naturalistic. Subjek penelitian  terdiri atas Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Komite Madrasah Ibtidaiyah, dan para guru yang mengajar di   Madrasah Ibtidaiyah (MI). Teknik  pengumpulan data yang  digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam,  observasi, dan  mencatat dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif sebagai proses menyusun, mengkatagorikan data, dan mencari pola atau tema dengan maksud untuk memahami maknanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjaminan mutu yang dilakukan oleh MI Kab. Klaten belum optimal hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran IPA   masih  banyak yang  belum sepenuhnya berpedoman  pada  perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sesuai dengan standar penilaian dan pelaksanaan penilaian hasil belajar IPA juga  belum sepenuhnya sesuai dengan standar penilaian. Kondisi tersebut  terjadi  karena keterbatasan kemampuan  guru dalam memahami  dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Kata kunci: Penjaminan mutu, penilaian hasil, pembelajaran IPA

Baca selengkapnya . . .