Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/
Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Oleh :
Legiman, M.Pd
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : legiman.maman@yahoo.co.id

DSC_9237-3

Abstrak

Pendidikan dan Pelatihan (diklat) merupakan kegiatan pembelajaran pada orang dewasa, yang terjadi interaksi antara peserta diklat dengan pendidik. Dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dimaksud peserta didik adalah peserta diklat dan pendidik yaitu widyaiswara. Agar materi diklat yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta diklat, widyaiswara harus dapat memilih strategi, metode, dan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam diklat yaitu model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta diklat untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah, peserta diklat bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Kata kunci: model pembelajaran, masalah, diklat.

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Artikel Lain

Kontribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati diri Siswa

Kontribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati diri Siswa oleh Dra. Sri Heny Kusningsih A.Pendahuluan …

Evaluasi Diklat Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Jenjang SMP Mata Pelajaran PPKn/IPS

EVALUASI DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI GURU SASARAN JENJANG SMP MATA PELAJARAN PPKN/IPS LPMP D.I. …