Pengembangan Keprofesian Guru dengan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas
oleh :
dr. Waryono, M.Or
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : wardokteryono@gmail.com
ABSTRAK
Guru memegang peranan penting dalam terjadinya proses pembelajaran di kelas. Guru dapat mengamati apa yang terjadi secara nyata pada proses pembelajaran dan akan memperoleh data-data berkaitan dengan kegiatan tersebut. Dari data nyata maka guru akan merenungkan dan memperoleh permasalahan yang terjadi di kelas. Permasalahan yang terjadi akan diatasi guru dengan mencobakan metode yang baru dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Karena penelitian dilakukan di kelasnya sendiri maka guru tidak perlu meninggalkan tugas, dapat dilakukan praktis dan tidak perlu waktu yang lama. Dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas diharapkan guru dapat meningkatkan profesionalisme sekaligus dapat memperbaiki mutu pembelajaran di kelas.
Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Profesionalisme Guru, Mutu Pembelajaran