Pengembangan Indikator Instrumen Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA/SMK

Sarjilah, M.Pd

Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

e-mail: jilly_emsa@yahoo.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh indikator yang diperlukan untuk mengukur keberhasilan layanan konseling individu di SMA/SMK. Indikator ditujukan untuk mengevaluasi komponen proses konseling dan konseling individu hasil/output. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD), yang melibatkan 15 pengurus MGP/MGBK SMA/SMK yang mewakili beberapa Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta. Validasi konstruk yang digunakan adalah dalam bentuk Expert Judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi, dengan model interaktif. Hasil menunjukkan bahwa indikator pada masing-masing komponen proses konseling meliputi 18 indikator yang dikembangkan dari 3 aspek dari proses konseling yakni konseling hubungan,  prosedur konseling, dan penggunaan teknik konseling. Sedangkan indikator yang diperoleh dari hasil konseling meliputi 4 indikator yang dikembangkan dari aspek perubahan perilaku klien.

Read More…