Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, maka Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali membuka pendaftaran dan seleksi administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2022.

Melalui laman resminya, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan telah menyampaikan informasi terkait dengan persiapan pendaftaran dan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 sebagai berikut :

  1. Data calon peserta berdasarkan hasil pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per tanggal 30 Januari 2022.
  2. Calon peserta terdiri atas 2 (dua) kategori yaitu:
    1. Guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.
    2. Guru yang diangkat mulai tanggal 1 Januari 2016 sampai dengan 1 Januari 2019
  3. Peserta program PLPG yang terdata belum mengikuti UTN sebanyak 4 kali dan memenuhi syarat dapat mengikuti seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.
  4. Calon peserta melakukan pendaftaran melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
  5. Verifikasi dan validasi dilakukan untuk melihat linieritas antara bidang studi PPG yang dipilih dengan ijazah S-1/D-IV yang dimiliki serta syarat administrasi lainnya.
  6. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022, serta daftar linieritas tertera pada Lampiran I dan II

Informasi lengkap berikut surat edaran Ditjen GTK Kemdikbud dapat diakses melalui: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pendaftaran-dan-seleksi-administrasi-pendidikan-profesi-guru-%28ppg%29-dalam-jabatan-tahun-2022

Rangkuman pertanyaan dan jawaban mengenai Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022 juga disajikan oleh Ditjen GTK Kemdikbud dalam FAQ yang dapat diakses melalui :

https://ppg.kemdikbud.go.id/faq/seleksi-administrasi-ppg-dalam-jabatan

Sesuai jadwal dalam tabel di atas maka Pendaftaran dan pengiriman berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022 baru dapat dilakukan mulai tanggal 10 Februari 2022.  (yudhakurniawan/lpmp)

Sumber :

https://ppg.kemdikbud.go.id/news/category/dalam-jabatan

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …