Pemantauan Simulasi ANBK SD Tahun 2022

Guna memastikan persiapan kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD Tahun 2022, BPMP Provinsi DIY melaksanakan pemantauan simulasi. Kegiatan pemantauan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022 dengan menerjunkan petugas ke sekolah-sekolah di kota/kabupaten se- DIY.

Pemantauan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana penunjang kegiatan ANBK SD tahun 2022.  Penyelenggaraan ANBK SD tahun 2022 memerlukan dukungan sarana computer, jaringan internet, kapasitas listrik, serta sumber daya manusia baik proctor maupun teknisi. Tujuan kegaiatan pemantauan sebagai mitigasi risiko potensial yang dapat menghambat kelancaran kegiatan ANBK SD yang dijadwalkan akan berlangsung tanggal 24 hingga 27 Oktober 2022.

Teguh Sardiyono selaku koordinator tim pemantau menjelaskan bahwa pihaknya perlu memastikan apakah masih  ada masalah-masalah teknis misalnya spesifikasi computer proktor dan peserta, kesiapan dukungan daya listrik dan antisipasinya jika ada pemadaman, serta koneksi internet yang tersedia. Dalam simulasi akan dilihat apakah masih ada gangguan teknis misalnya hambatan saat sinkronisasi dan unduh token sehingga dapat dilakukan langkah antisipasi sebelum pelaksanaan ANBK.

Oleh karena itu dalam pembekalan petugas pemantauan, Teguh Sardiyono menekankan agar mencermati kondisi UPS untuk server, mengingat tidak semua sekolah di DIY menyiapkan genset apabila listrik padam. Selain itu dalam simulasi perlu dicermati munculnya gangguan teknis pada saat sinkronisasi, kendala yang dialami komputer server, serta hambatan pada saat mengunduh token. (yudhakurniawan/BPMP)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …