Optimalkan Efektifitas Pelaksanaan Pendampingan Sekolah Penggerak, BPMP DIY Lakukan Penguatan SDM

Selasa (13/9) BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Penguatan Peran UPT Kemendikbudristek dalam Pendampingan Sekolah Penggerak. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, dari Senin (12/9) sd Selasa (13/9) bertempat di Hotel New Saphire, Yogyakarta dengan peserta  sejumlah 45 orang berasal dari Dinas Dikpora Provinsi dan Kab/Kota Provinsi D.I. Yogyakarta dengan tujuan Merefresh tentang desain dan implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) dan meningkatkan kompetensi SDM BPMP DIY dan Tim PMO Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota terkait materi esensial Kurikulum Merdeka yang meliputi:  Pembelajaran Paradigma Baru, Asesmen Diagnostik dan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Kegiatan dibuka oleh kepala BPMP DIY, Drs Eko Sumardi, M.Pd. Dalam menyampaikan arahannya Eko menekankan pentingnya penyiapan SDM dalam menyukseskan PSP, terutama  pada pelaksanaan pendampingan Sekolah Penggerak yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.  Pendampingan yang tepat sangat penting karena peran Sekolah yang sangat krusial  sebagai katalisator perubahan paradigma pendidikan di Indonesia. Dijelaskan lebih lanjut bahwa salah satu aspek penilaian saat seleksi pemilihan Sekolah Penggerak adalah pada aspek semangat menginisiasi perubahan yang dimiliki Sekolah Penggerak yang dibutuhkan saat mereka menghasilkan Praktek-Praktek Baik Transformasi Pendidikan yang akan diimbaskan kepada sekolah-sekolah yang lain. Praktik-praktik baik yang dihasilkan Sekolah Penggerak dapat menginspirasi dan implementatif serta menjadi bahan masukan bagi penyempurnaan Kurikulum Merdeka.

Implementasi Program Sekolah Penggerak di D.I. Yogyakarta dilaksanakan secara bertahap, dimana pada Angkatan 1 tahun 2021 dilaksanakan pada 38 sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SLB dari Gunungkidul, dan Angkatan 2 sejumlah 120 sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SLB dari Gunungkidul, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Komitmen Pemerintah Daerah sangat krusial dalam menentukan kesuksesan Program sekolah Penggerak. Oleh karena itu penguatan pemahamanan materi-materi esensial implementasi kurikulum merdeka sangat penting diberikan. Diharapkan dengan pemahaman yang memadai, BPMP DIY dapat bersinergi dengan tepat dan efektif dengan Pemerintah Daerah dalam menyukseskan pelaksanaan pendampingan Sekolah Penggerak dalam waktu dekat. Sehingga PSP di provinsi D.I.Yogyakarta dapat terselenggara dengan efektif dan optimal. (Dwi/SI)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …