Model Pembelajaran Studysaster

Meskipun siswa belajar dari rumah bukan berarti mereka tidak memiliki kesempatan memberikan sumbangsih. Begitu juga! guru meski harus mengajar dari rumah, guru bisa berkontribusi dalam pencegahan Covid-19 dengan mengintegrasikan pendidikan tentang bencana kesehatan dalam pembelajaran.

Disinilah model pembelajaran Studysaster melakukan perannya, harapannya siswa mampu mengedukasi dirinya sendiri maupun orang lain tentang Covid-19 dari hasil karya pembelajaran berupa puisi, cerpen, video, foto, poster, komik atau lainnya. Tentunya dengan bimbingan guru secara daring oleh guru pengampu setiap mata pelajaran.

Zakki Fitroni berbagi RPP di laman guruberbagi.kemdikbud.go.id perihal membuat poster Covid-19 untuk edukasi masyarakat. Nama Studysaster diambil dari akronim “Study” yang dalam bahasa Indonesia berarti belajar dan “Disaster” yang berarti bencana. Model ini mempunyai enam langkah pembelajaran yaitu identifikasi, mencari, merencanakan, mencipta, membagi dan mempraktikkan.

Ingin mengetahui contoh Rancangan Program Pembelajaran (RPP) Studysaster dapat diunduh di laman https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/membuat-poster-pencegahan-covid-19/

@kemdikbud.ri

#MerdekaBelajar #BelajardariCovid19 #DiRumahSaja #DitjenGTK #Guru #TenagaKependidikan #GTK #Mengajar #GuruPenggerakIndonesiaMaju #GuruPenggerak #SekolahPenggerak #OrganisasiPenggerak #GuruBerbagi #BelajarDariRumah #GuruDiHatiku #RPP #SahabatGutendik – #regrann

Artikel Lain

REFLEKSI DAN EVALUASI PPDB

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan Refleksi dan Evaluasi Kebijakan PPDB pada Kamis (7/11/2024) bertempat di …

BPMP DIY Dorong Pembentukan ULD untuk Layanan Pendidikan Inklusif di Daerah

SLEMAN – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY menggelar Sosialisasi Kebijakan Pembentukan Unit Layanan Disabilitas …