Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Alat Bantu Sistem Informasi Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan mengajar Guru IPS SMP

Oleh: Eko Budi Susanto, M.Si

Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu pendidikan (LPMP) D. I. Yogyakarta

E-mail: bd_enfmg@yahoo.co.id.

 

ABSTRAK

 

Penelitian Model Contextual  Teaching and Learning (CTL) materi sistem informasi geografi (SIG) pada Diklat Guru IPS SMP se-Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mengajar melalui penelitian tindakan. Terdapat dua tahap kegiatan penelitian yaitu: Studi Pendahuluan dan Pengembangan. Penelitian  dilakukan  di  LPMP D.I. Yogyakarta, adapun sampel  penelitian  adalah Guru IPS SMP Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  angkatan pertama   tahun  2014  pada mata  tatar model pembelajaran.

Hasil Penelitian  menunjukan  bahwa  Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Sistem Informasi Geografi (SIG) pada pelaksanaan diklat Guru IPS SMP yang memadukan berbagai strategi pembelajaran meningkatkan kemampuan mengajar guru khususnya pada guru IPS SMP se-Propnsi D.I. Yogyakarta, terutama membentuk dan mengembangkan  konsep pada diri guru dengan cara aplikasi ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

Kata  Kunci:   Contextual Teaching and Learning (CTL), materi sistem informasi geografi (SIG) pada guru IPS SMP.

Read More……