Oleh: Eko Budi Susanto, M.Si
Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu pendidikan (LPMP) D. I. Yogyakarta
E-mail: bd_enfmg@yahoo.co.id.
ABSTRAK
Penelitian Model Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem informasi geografi (SIG) pada Diklat Guru IPS SMP se-Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mengajar melalui penelitian tindakan. Terdapat dua tahap kegiatan penelitian yaitu: Studi Pendahuluan dan Pengembangan. Penelitian dilakukan di LPMP D.I. Yogyakarta, adapun sampel penelitian adalah Guru IPS SMP Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran angkatan pertama tahun 2014 pada mata tatar model pembelajaran.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Sistem Informasi Geografi (SIG) pada pelaksanaan diklat Guru IPS SMP yang memadukan berbagai strategi pembelajaran meningkatkan kemampuan mengajar guru khususnya pada guru IPS SMP se-Propnsi D.I. Yogyakarta, terutama membentuk dan mengembangkan konsep pada diri guru dengan cara aplikasi ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), materi sistem informasi geografi (SIG) pada guru IPS SMP.