“Melihat dengan Hati”: Catatan Refleksi SMPN 1 Turi

“Melihat dengan Hati”
Catatan Refleksi SMPN 1 Turi

Oleh :
Minhajul Ngabidin (Kepala LPMP DIY)
Perwakilan Tim UPT Kemdikbud se-DIY

Mereka tetaplah guru, guru yg sedang mengalami masalah atas kesalahan mereka, yaitu kelalaian, jauh dari kesengajaan, apalagi niat mencelakai / mencelakakan.

Mari kita bantu semua yang dalam masalah, orangtua korban, kepala sekolah, guru-guru di sekolah tersebut, dan juga guru-guru pembina pramuka tersebut. Jika tidak bisa membantu secara langsung mari kita bantu dengan doa. Mereka juga punya keluarga. Mari kita doakan semua yg dalam masalah ini diberikan kekuatan.

Orangtua korban perlu dukungan dan penghiburan, kepala sekolah dan guru-guru perlu penguatan, anak-anak perlu pengembalian keceriaan. (Sampai saat ini kami dan tim masih terus melakukan dukungan psikososial, baik kepada keluarga, guru, dan juga siswa).

Kami bersama tim sudah terlibat dalam penanganan masalah ini dari awal kejadian. Kami juga sudah mengunjungi semua keluarga korban. Bersama banyak pihak yang berempati, kami terus memberikan dukungan. Memang sebuah ujian yang sangat berat, memilukan. Dan atas ijin Allah, pelan-pelan keluarga akhirnya dapat menerima kenyataan ini sbg sebuah musibah, dan mengikhlaskan kepergian putri-putri mereka yang cantik-cantik2, putri2 mereka yang hebat berprestasi, ……dan meyakini semua putri mereka sahid…..
(Alfatihah…🙏)

Refleksi penutup:
1. Mari, janganlah kita menjadi hakim, karena utk urusan hukum sudah ada hakim yg bertugas dan nantinya akan memutuskan. Janganlah kita menjadi wartawan dengan membuat tulisan, berita-berita, dan analisis-analisis yang tidak jelas dan cenderung subjektif, karena sudah ada wartawan yang bertugas.

2. Marilah kita doakan semua yang mendapat ujian berat ini diberi kekuatan, semua yang dalam masalah diberikan keterbukaan jalan, dan pada akhirnya siapapun yg bersalah tentu akan menerima resikonya dengan segala kebesaran hati.

3. Marilah kita dukung semua unsur sekolah untuk bangkit dan kembali semangatnya, agar layanan pendidikan dan pembelajaran di SMP terbaik se-Kecamatan Turi, sekolah terakreditasi A (amat baik), dan sekolah yang selama ini Gugus Depan Pramukanya sangat bagus dan banyak prestasi ini, dapat berjalan normal kembali.

Atas nama Kemendikbud, kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih yg sebesar-besarya kepada pemerintah daerah, dan semua pihak serta para relawan atas dukungan dan bantuannya dalam penanganan musibah pendidikan ini. Semoga menjadi amal ibadah kita semua.

Terimakasih.
(Tim UPT Kemdikbud se-DIY

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …