LPMP DIY SELENGGARAKAN ANALISIS DATA MUTU PENDIDIKAN 2021

LPMP DIY selenggarakan kegiatan analisis data mutu selama 2 hari dari Senin (24/5) sampai dengan Selasa (25/3) di Hotel Cakra Kembang Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari Pengawas jenjang SD, SMP, SMA dan SLB serta karyawan Seksi Informasi LPMP DIY. 

Analisis Data Mutu Pendidikan adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan. Pemetaan Mutu Pendidikan dilakukan untuk memetakan capaian satuan pendidikan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP). Analisis Data Mutu adalah kegiatan yang dilakukan untuk menganalisis data mutu capaian SNP oleh satuan pendidikan yang dihasilkan pada kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan.

Saat membuka kegiatan ini, Didik Wardaya, SE, M.Pd., kepala Dikpora propinsi D.I. Yogyakarta mengemukakan bahwa sebagai pelaku pendidikan wajib untuk terus mampu melakukan penyesuaian terhadap perubahan dari dinamika kebijakan yang digelontorkan oleh pemerintah. Terdapat 3 hal mendasar yang dapat selalu dijadikan panduan dalam menyikapinya, yaitu: Satu, tercapainya pemerataan kesempatan dan keluasan akses. Dua,  relevansi lulusan dengan dunia kerja. Dan tiga, bagaimana tahap yang akan dilalui peserta didik setelah kelulusan.  Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si., juga menambahkan bahwa data mutu pendidikan yang tepat akan sangat membantu pelaku pendidikan, dalam hal ini membantu pemangku kebijakan dalam merumuskan kebijakan yang tepat agar dapat secara efektif mengawal dan mendukung layanan pendidikan yang dibutuhkan masyarakat. (Dwi/2021)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …