LPMP DIY “Nyawiji Tekad Mbangun Jogja Ingkang Literat” melalui Evaluasi Hasil Supervisi Satuan Pendidikan

Diseminasi dan evaluasi hasil supervisi menjadi proses puncak rangkaian kegiatan supervisi satuan Pendidikan tahun 2021 dengan mengusung tema “Nyawiji Tekad Mbangun Jogja Ingkang Literat”. diseminasi dan evaluasi diharapkan menjadi titik tolak semua pemangku kepentingan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta agar memiliki pandangan dan langkah yang sama dalam upaya membangun insan yang literat dan numerat. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur yang berperan penting dalam mewujudkan Jogja literat dan Numerat, yaitu Seluruh komponen Dinas Pendidikan di DIY baik struktural dan fungsional, Dewan Pendidikan, Perpustakaan daerah/DPAD, BAPPEDA, perwakilan sekolah di semua jenjang Pendidikan dan Penggiat literasi.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, M.Si. dalam paparan materi di acara pembukaan menyatakan apresiasinya atas semangat semua pemangku kepentingan untuk melakukan berbagai terobosan dalam upaya memperkuat pengembangan literasi dan numerasi, bagi masyarakat pada umumnya dan satuan pendidikan pada khususnya.

Supervisi satuan pendidikan tahun 2021 melibatkan 400 sekolah sampling jenjang SD, SMP, dan SMA pada masing-masing kabupaten/kota di DIY. Supervisi di masa pandemi ini dititikberatkan pada penguatan literasi dan numerasi di satuan pendidikan. Pemilihan muatan literasi dan numerasi pada kegiatan supervisi tahun ini merupakan upaya LPMP DIY mendukung kebijakan pemerintah dalam proses advokasi pembelajaran paradigma baru dan penguatan profil pelajar Pancasila

Gambaran hasil supervisi disampaikan oleh Koordinator Fungsi Supervisi, Dody Arianto, M.Pd. Kegiatan supervisi satuan pendidikan secara umum dapat menambah khasanah dan wawasan satuan pendidikan dalam muatan literasi dan numerasi, hal ini terlihat dari selisih skor pengukuran pra dan pasca supervisi berada dalam zona positif/meningkat. Seluruh sekolah memberikan persepsi yang positif terkait kegiatan yang dilakukan, bahkan mayoritas sekolah mengharapkan proses supervisi satuan pendidikan dilanjutkan di tahun berikutnya.

Kegiatan Diseminasi dan Evaluasi Hasil Supervisi semakin menarik dan berkesan dengan dihadirkannya dua narasumber yang memaparkan praktik baik pengembangan literasi dan numerasi. Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo, Rudy Prakanto, M.Eng, memaparkan materi Best Practice: Upaya Membangun Literasi Melalui Birokrasi. Hal penting yang diutarakan adalah tantangan birokrasi pendidikan di DIY di tengah perubahan paradigma pendidikan nasional dan pengalaman empirik membangun literasi melalui jalur birokrasi. Sedangkan pemateri yang kedua kepala sekolah SDN Banyuripan, Juwanta, S.Pd dengan materi Best Practice: Satuan Pendidikan dan Tanggung Jawab Membangun Generasi yang Literat; Sebuah Pengalaman Empirik. Poin-poin yang disampaikan antara visi terkait literasi, peta literasi, dan upaya SDN Banyuripan membangun literasi, hal lain yang dipaparkan kepala sekolah adalah hasil yang mulai dirasakan, hambatan dan kendala yang dijumpai serta harapan pada semua pemangku kepentingan dalam hal membangun literasi.

Kegiatan Diseminasi dan Evaluasi Hasil Supervisi Tahun 2021 ditutup secara resmi oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si. yang menggarisbawahi kekuatan pelayanan pendidikan dengan dukungan kemitraan yang solid dan harmonis antar semua stakeholder di daerah, mengingat pengembangan dan penguatan literasi dan numerasi ini membutuhkan komitmen dan semangat bersama dari semua pihak. (Sinta/PMS)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …