LPMP DIY ADAKAN ADVOKASI PENGUATAN KOMPETENSI TIK BAGI SATUAN PENDIDIKAN DAERAH TERPENCIL

 

Kamis (2/12) bertempat di aula Ki Mangun Sarkoro, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  DIY mengadakan kegiatan advokasi penguatan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi satuan pendidikan di daerah terpencil. Kegiatan dihadiri oleh 40 Sekolah Dasar (SD)  yang berada di daerah terkendala oleh koneksi sinyal di wilayah Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.

Sebelum kegiatan Advokasi ini diadakan, LPMP DIY telah melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kebutuhan Penguatan Sarana Per wilayah dan Potensi Lokal kepada 40 sekolah tersebut dengan tujuan menjaring data terkait kendala serta kebutuhan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis TIK. Hasil Monev telah dianalisis dan menghasilkan informasi kebutuhan penguatan yang harus diberikan yaitu kebutuhan akan peningkatan kompetensi pendidik dalam penggunaan media pembelajaran berbasis TIK serta akses terhadap platform akun belajar.id yang telah disediakan oleh kemendikbudristek.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si., saat memberikan sambutan menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah meyediakan waktu untuk menghadiri kegiatan ini serta memberikan motivasi agar para peserta optimis dan giat menggunakan media-media pembelajaran berbasis TI dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. “Perkembangan teknologi berjalan sangat cepat, oleh karena itu langkah pelaku pendidikan harus mampu mengimbangi atau paling tidak mengikuti agar peserta didik tidak tertinggal dan dapat menjadi bagian dari “pelaku” inovasi dan bukan menjadi “korban” inovasi teknologi, “ imbuh Minhajul.

Kegiatan advokasi berlangsung selama 1 (satu) hari, diisi dengan pelatihan dan penggunaan media pembelajaran Canva For Education dan belajar.id. oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP DIY. (Dwi/SI)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …