LAYANAN HELPDESK DAPODIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DATA

Dapodik merupakan sumber data utama dari berbagai program perencanaan pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif. Peningkatan kualitas Dapodik menjadi sebuah kebutuhan karena perannya yang sangat strategis, yaitu sebagai acuan penting program perencanaan Kemdikbudristek. Dalam rangka pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi data dan pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2023 untuk satuan pendidikan. Salah satu upaya peningkatan kualitas dapodik yang telah dimutakhirkan tersebut ialah rapat koordinasi menyediakan layanan helpdesk dapodik.

BPMP D.I.Yogyakarta selaku UPT Kemendikbudristek yang ditugaskan untuk mengawal kualitas data Dapodik di Provinsi D.I.Yogyakarta melaksanakan kegiatan rapat koordinasi menyediakan layanan helpdesk Dapodik pada hari Selasa 27 Juni 2023. Kegiatan dibuka oleh Koordinator Kelompok Kerja Tata Kelola Satuan Pendidikan BPMP D.I.Yogyakarta, Teguh Sardiyono, M.Pd. Dalam sambutannya, Teguh menekankan pentingnya update data dapodik, khususnya untuk jenjang SD dan PAUD. Kegiatan ini mengundang admin operator dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, SKB, PKBM, HIMPAUDI di wilayah D.I.Yogyakarta.

Adapun narasumber pada kegiatan rakor ini adalah Yuni Suharno sebagai koordinator operator dapodik D.I.Yogyakarta Propinsi D.I.Yogyakarta, dan Teguh Sardiyono, M.Pd. selaku Koordinator kelompok kerja tata kelola satuan pendidikan BPMP D.I.Yogyakarta. Narasumber dalam kegiatan ini memaparkan bahwa Layanan helpdesk Dapodik diharapkan menjadi wadah berkomunikasi dan berkoordinasi pengelola Dapodik di tingkat daerah dalam implementasi penggunaan aplikasi Dapodik. Selain terkait pengelolaan dapodik, rakor ini diperlukan terkait peningkatan kualitas data dapodik untuk persiapan cut off BOS/BOP pada tanggal 31 Agustus 2023. Hasil uji petik dapodik yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa data dapodik jenjang SD dan PAUD belum maksimal, khusunya terkait sinkronisasi data sarana prasarana. Berdasarkan hasil tersebut, dan mengantisipasi cut off BOS/BOP pada tanggal 31 Agustus 2023, maka akan diadakan tindak lanjut dalam bentuk kerjasama dengan dinas kab/kota untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas data dapodik untuk masing-masing kluster. Keberhasilan kegiatan ini sangat dipengaruhi oleh komitmen dari seluruh pihak yang terlibat dalam mengupayakan keberhasilan keseluruhan proses kegiatan ini sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. (SAE/PTakolSP)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …