Yogyakarta, Kamis 7 November2019, LPMP DIY menerima kunjungan staf khusus Mendikbud RI, Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Kunjungan dilakukan dalam rangka menjaring data dan informasi tentang LPMP sebagai Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidikan yang berkedudukan di setiap provinsi di seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini, Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd, M.Si memaparkan tentang peran dan tusi LPMP DIY di kancah pendidikan nasional. Disampaikan pula beberapa hal penting yang menjadi kendala ketajaman peran dan fungsi LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan, sebuah peran yang sangat krusial dan strategis. Dr. Iwan Syahril, Ph.D menyambut baik dan antusias terhadap hal-hal yang dipaparkan dan berjanji akan mempelajari dan mencermati lebih lanjut. Pada kesempatan ini, beliau juga mengemukakan tentang filosofi Nadiem Makarim, B.A., M.B.A., Mendikbud yang baru, yang akan lebih menegakkan esensi dan peran dan fungsi Lembaga Kemdikbud dan Guru sebagai kunci keberhasilan pendidikan dengan menghidupkan dan menguatkan filosofi Ki Hajar Dewantara yang meliputi; Cipta, Rasa, dan Karsa, yang dalam hal ini terutama pada penguatan Karsa (Kemauan). Esensi yang dimaksud dalam hal ini adalah tentang bagaimana lembaga Kemdikbud mampu men-deliver dan tidak hanya menge-send program-programnya sehingga diharapkan program kegiatan lembaga lebih dapat dirasakan hasilnya oleh siswa. Sedang esensi dari sisi Guru adalah tentang bagaimana Guru dapat men-deliver dan tidak hanya menge-send materi pembelajaran kepada peserta didik. Guru akan diperkuat untuk mampu mendidik dengan “benar-benar” Child Centered bukan sekedar jargon atau laporan pelaksanaan dengan narasi apik dan lengkap atau sekedar “wacana teori yang apik’ tapi kebobolan dari sisi “action atau eksekusi”.
Dr. Iwan Syahril, Ph.D, juga menyampaikan bahwa Mendikbud telah melakukan pemetaan kendala dan bergerak cepat dengan berkoordinasi dengan banyak pihak terkait dalam rangka melakukan akselerasi sistem “delivered Learning” yang diperkirakan baru akan berada pada taraf pembangunan fondasi dalam 5 tahun kepemimpinannya, dan baru akan nampak hasilnya, jika konsisten dan berhasil, pada 20 tahun yang akan datang. Peran, Fungsi dan Kedudukan LPMP di mata Mendikbud sangat krusial dan strategis, sehingga LPMP ke depan akan dirancang dan diposisikan sebagai “Core of Excellence” dengan Main Core pada penjaminan mutu performa Guru sebagai pendidik.