Harli Trisdiono
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
harli_tris@yahoo.co.id
Abstrak
Pembelajaran yang berkualitas ditunjukkan salah satunya dengan kemampuan proses pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah. Melalui proses pembelajaran, siswa mampu meningkatkan keterampilan berpikirnya mengikuti taksonomi tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar diarahkan agar siswa mampu (a) mengidentifikasi pertanyaan atau fokus kesimpulan yang akan dibuat, (b) mengidentifikasi fakta yang diketahui, (c) mengidentifikasi pengetahuan yang relevan yang telah diketahui sebelumnya, dan (d) membuat perumusan prediksi hasil akhir. Proses pembelajaran mengakomodasikan juga gaya belajar siswa sehingga pembelajaran dapat optimal.
Pemecahan masalah yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dilatihkan kepada siswa melalui proses pembelajaran. Pembelajaran tidak sekedar terkait dengan pengetahuan dan teori-teori, namun juga dengan permasalahan-permasalahan kontekstual.
Kata Kunci : berpikir, gaya berpikir, taksonomi pembelajaran, pemecahan masalah