Kemendikbudristek: “Kegiatan Wisuda Sekolah Bukan Kegiatan Wajib”

Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan bahwa wisuda sekolah sebagai ajang pelepasan peserta didik yang lulus bukanlah kegiatan yang wajib dilaksanakan. Hal ini disampaikan melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 14 Tahun 2023 yang dapat diunduh di sini.

Sekjen Kemendikbudristek, Suharti di Jakarta, dalam siaran persnya menghimbau kepada seluruh kepala dinas pendidikan, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk menyampaikan surat edaran ini kepada seluruh kepala satuan pendidikan di Indonesia. Suharti  juga mengingatkan seluruh satuan pendidikan bersama dengan komite sekolah untuk melakukan musyawarah dalam menentukan suatu kegiatan dengan melibatkan orang tua peserta didik.

Sebagaimana amanat Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah, diharapkan peran komite sekolah yang beranggotakan orang tua peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan dapat memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait program dan kegiatan sekolah.

Melalui surat edaran ini, Kemendikbudristek juga meminta kepala dinas pendidikan baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan pembinaan kepada seluruh satuan pendidikan di wilayahnya masing-masing untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas layanan kepada peserta didik.

Kemendikbudristek mengajak satuan Pendidikan untuk melihat esensi dari kegiatan wisuda, apakah wisuda itu bekal untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi atau hanya sebagai budaya. Tetapi yang jauh lebih penting menurut Suharti adalah berihtiar meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas layanan pendidikan kepada peserta didik daripada sekedar membudayakan kegiatan wisuda. (yudha/BPMP)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …