Kawal Pesan Pendidikan Sampai ke Masyarakat, BPMP DIY Gelar Workshop Jurnalistik dan Publikasi

Yogyakarta – 14/09/23: Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY bekerja sama dengan Harian Kedaulatan Rakyat (KR), menyelenggarakan “Workshop Jurnalistik dan Publikasi”. Kegiatan berlangsung Kamis (14/09/2023) di Grand Kangen Hotel Yogyakarta, diikuti oleh 28 orang pegawai BPMP DIY.

PIC PDM 07 BPMP DIY, Yudha Kurniawan dalam pembukaan menjelaskan tujuan workshop untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam bidang jurnalistik dan publikasi. Harapannya, dinamika pemberitaan melalui laman BPMP DIY semakin menarik.

Tindak lanjutnya, saat melaksanakan tugas ke pemda maupun satuan Pendidikan, para alumni workshop dapat menuliskan praktik baik yang dilihatnya untuk dipublikasikan di laman BPMP DIY. “Hal ini akan meningkatkan daya guna program Kemdikbud karena pesan-pesan positif dunia Pendidikan semakin tersebar ke Masyarakat”, tandas Yudha.

Redaktur Pelaksana KR Widyo Suprayogi pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang jurnalistik terapan. Jurnalis senior Jogja ini membekali peserta dengan teknik wawancara dan penulisan berita.  Widyo juga mengajak para peserta untuk melakukan simulasi praktik wawancara dan menuliskan produk jurnalistiknya mirip dengan uji kompetensi wartawan.

Naskah berita yang dihasilkan kemudian diulas sehingga para peserta dapat memahami sebuah produk jurnalistik yang berkualitas dan layak diterbitkan. Widyo optimis, laman BPMP DIY akan semakin menarik karena para peserta sangat antusias dan pada dasarnya telah memiliki kemampuan penulisan yang baik.

Pemberdayaan Medsos

Workshop juga menampilkan Suranto, guru DKV SMSR Yogyakarta yang membekali peserta dengan ketrampilan desain grafis. Menurut Yudha, materi ini untuk mendukung publikasi melalui media social.

Peserta pada sesi ini diberikan materi desain banner, fliyer, infografis, dan twibonnize. Sebagai tambahan Suranto juga menyampaikan desain sampul buku untuk mendukung pembuatan cover-cover laporan BPMP DIY.

Materi pemberdayaan medsos semakin lengkap dengan hadirnya youtuber Agus Bintarto dari BBGP DIY. Agus membagikan tips untuk mendongkrak angka kunjungan dan follower medsos BPMP DIY. Menurut Agus, trend penggemar media social yang semakin melambung ini harus dimanfaatkan BPMP DIY untuk  mempublikasikan informasi Pendidikan.

Mengakhiri kegiatan ini, Yudha mengajak seluruh peserta untuk mengimplementasikan hasil workshop. Dalam aktivitas jurnalistik, Yudha mengingatkan semua peserta untuk memahami isi rumah pesan Kemdikbud. “Hal ini untuk memastikan berita di laman dan medsos BPMP DIY konsisten dengan pesan-pesan kebijakan Kemdikbudristek”, tegas Yudha.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …