INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN DI MASA COVID-19 (Webinar Seri 2)

Karakteristik utama  profesi pendidik dan tenaga kependidikan selalu akan terkait dengan kegiatan belajar mengajar. Mengajar adalah belajar  memberikan  makna bahwa pendidik dan tenaga kependidikan akan selalu dalam proses belajar untuk memaksimalkan kegiatan mengajar.  Bentuk kegiatan belajar yang penting dilakukan  adalah  refleksi terhadap praktik- praktik mengajar . Hal ini  menjadi  langkah awal munculnya  inovasi  sebagai upaya perbaikan  peningkatan  mutu di sekolah.

Demikian inti apa yang disampaikan Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd, M.Si  sebagai pemateri dalam  kegiatan webinar seri 2, Inovasi Pembelajaran melalui PTK/PTS di masa pandemi Covid 19 pada hari jumat tanggal 12 Maret 2021. Kepala LPMP DIY juga menggarisbawahi dalam konteks kebijakan merdeka belajar, pendidik dan tenaga kependidikan memiliki otonomi untuk menentukan cara memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik belajar mengajar sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. Hal ini menuntut komitmen dan kemandirian dari para profesional di sekolah sehingga dapat memunculkan solusi  yang khas dengan konteks masing-masing.

Kegiatan webinar yang dimulai tepat pukul  8.30 WIB  diikuti oleh 700 peserta. Sebagai moderator kegiatan adalah Koordinator Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP DIY, Dra. Titi Sulistiyani, M.Pd. Sebagai pemateri kedua, widyaiswara utama LPMP DIY, Drs. Suharji, M.Pd menjelaskan poin-poin terkait dengan bagaimana inovasi dalam pembelajaran diwujudkan dalam  kegiatan berbasis bukti yaitu penelitian tindakan kelas dan sekolah di masa pandemi. Merebaknya Covid 19  menjadi tantangan para profesional di sekolah untuk tetap memberikan kesempatan belajar pada para siswa. Namun, perubahan yang terjadi  seharusnya dapat  menjadi  katalisator inovasi pembelajaran. Sehingga para siswa  tetap dapat belajar  untuk pencapaian pengetahuan, sikap maupun ketrampilan.

Paparan dari pemateri kemudian dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab antara peserta dengan kedua pemateri. Webinar diakhiri pada pukul  11.00 WIB, harapanya LPMP DIY dengan para pendidik dan tenaga kependidikan di DIY dapat bergerak bersama memajukan mutu pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. (marike/wplppmpdiy)

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …