IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA
oleh :
Yoko Rimy, M.Si.
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email :
ABSTRAK
Kurikulum 2013 mengisyaratkan pembelajaran mempunyai tujuan membangun kompetensi anak didik seutuhnya yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik atau ilmiah mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Pemerolehan ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan (proses) psikologis yang berbeda.
Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, keterampilan mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifk, dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran khususnya IPA.
Kata kunci : Pendekatan saintifik, anak didik seutuhnya