Gelar Workshop Penatausahaan Keuangan, BPMP DIY Ingin Tujuan Program Kerja Tercapai Optimal

Surakarta – Workshop Penatausahaan Keuangan tahun 2024 dilaksanakan oleh BPMP DIY selama 3 hari (29/04 – 1/05) di The Royal Surakarta Heritage Hotel, Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan ini sebagai upaya BPMP DIY dalam penguatan fungsi perencanaan serta penerapan nilai-nilai integritas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Sekretaris Ditjen Paud Dasmen Kemdikbudristek, Praptono, hadir dan menyampaikan pengarahan sekaligus membuka workshop secara resmi. Praptono mengungkapkan, banyak perubahan telah terjadi dalam dinamika pendidikan, khususnya pada peningkatan kompetensi guru.

“Merdeka Belajar adalah solusi yang sederhana, fleksibel dan kontekstual, yang mengarahkan pada ekosistem belajar yang aman, ramah, menyenangkan dan inklusif, layanan pendidikan yang berfokus pada peserta didik, serta budaya refleksi dan pembelajar sepanjang hayat”, tandasnya.

Menurut Praptono, Merdeka Belajar memberikan warisan yang harus bersama-sama kita kawal yakni Guru Penggerak sebagai instructional leaders, PMM dan pemanfaatannya, PPDB dan keberpihakan pada anak-anak marginal, PPKSP, Unit Layanan Disabilitas, TIK untuk pembelajaran dan pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk perencanaan pendidikan. “Untuk menjaga warisan itu, tiga hal yang harus kita lakukan adalah empati, kolaborasi dan sinergi”, pungkasnya.

Kepala BPMP DIY, Bambang Hadi Waluya, mengingatkan jajarannya tentang pentingnya integritas dalam setiap aspek pengelolaan keuangan. “Integritas menjadi modal untuk menjaga keakuratan, keandalan dan transparansi perencanaan program kerja,” tegasnya.

Workshop ini menurut Bambang menjadi langkah dalam melahirkan program kerja yang berdaya guna optimal. “Manfaatnya, program prioritas Merdeka Belajar di DIY akan berjalan dengan baik, tepat sasaran, mencapai tujuan sesuai harapan,” tandasnya

Peserta kegiatan ini sebanyak 42 orang peserta, terdiri unsur pejabat struktural, tim kerja dan pokja, dukungan manajemen, dan konsultan BPMP DIY. Materi yang dikupas antara lain Rencana Umum Pengadaan pada Satker dengan narasumber dari Setditjen Paud Dikdasmen.

Kegiatan juga menampilkan narasumber dari KPPN Surakarta yang menyampaikan materi Optimalisasi Capaian Nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) dan Penatausahaan Keuangan pada Bendahara Pengeluaran, serta Sinkronisasi Pelaksanaan Program Kerja dan Rencana Anggaran Biaya tahun 2024.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh elemen BPMP DIY yang berkompeten dalam program kerja memiliki pemahaman dan persepsi yang selaras mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan.  Dengan demikian dapat terwujud sinkronisasi program kerja BPMP DIY yang memantapkan segenap upaya mencapai tujuan dari implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. (SIN)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …