FGD Penguatan Implementasi dan Kolaborasi Gerakan Transisi PAUD SD di DIY

Mengawali semangat kemerdekaan Indonesia, BPMP DIY menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Kolaborasi Gerakan Transisi PAUD SD. Kegiatan berlangsung 1 Agustus 2023 di Hotel Grand Senyum Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari unsur Pokja Ibu PAUD Provinsi/Kabupaten/Kota, Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, serta para Koordinator Pengawas TK dan SD Kabupaten/Kota dan BPMP DIY. Menurut Kapokja Inovasi dan Transformasi BPMP DIY Arwan Rifa’i, kegiatan ini bertujuan mengkolaborasikan program-program transisi PAUD SD antara BPMP DIY dengan Pemda.

Lebih lanjut Arwan menyampaikan bahwa transisi PAUD SD merupakan bagian tak terpisahkan dari kebijakan merdeka belajar Kemdikbudristek. Pihaknya berharap, melalui forum ini dapat mengoptimalkan peran forum komunikasi PAUD SD

Kegiatan FGD dibuka oleh Kepala BPMP DIY Eko Sumardi. Dalam arahannya, Eko Sumardi menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh peserta kegiatan. Eko menambahkan, FGD ini merupakan langkah awal bagi BPMP DIY untuk bersinggungan langsung dengan bidang PAUD secara lebih intensif.

Melalui kegiatan ini Eko mengharapkan seluruh stakeholder baik pusat maupun daerah dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh satuan PAUD dan anak anak PAUD di DIY. Dengan demikian seluruh peserta didik dapat tumbuh sesuai perkembangan usianya serta merasa aman dan nyaman belajar di sekolah.

Eko menegaskan bahwa kendala terbesar yang dihadapi dalam implementasi transisi PAUD SD adalah menyiapkan satuan pendidikan terutama guru SD kelas bawah untuk mengawal pembelajaran di awal transisi PAUD ke SD. Maka menurut Eko, peran seluruh pemangku kepentingan dalam mengawal transisi PAUD SD sangat dibutuhkan.

Mengakhiri pengarahannya, Eko mengharapkan DIY bisa berkiprah di tingkat nasional dalam ajang apresiasi bunda PAUD Nasional. Kegiatan dimaksud akan diselenggarakan oleh Kemdikbudristek pada bulan Oktober 2023.

FGD mengupas 3 materi, pertama adalah Kebijakan transisi PAUD SD yang disampaikan oleh Retno Wijayanti. Retno menjelaskan 3 target perubahan transisi PAUD SD dan strategi implementasi transisi PAUD SD di daerah.

Materi berikutnya adalah Refleksi paradigma baru transisi PAUD SD yang disampaikan oleh Dwi Widiyanti. Pada sesi ini, Dwi memberikan penguatan tentang Paradigma transisi PAUD dan penguatan karakter anak.

Sedangkan materi terakhir adalah Kolaborasi Dinas Pendidikan dan Pokja PAUD dalam Penguatan Gerakan Transisi Paud-SD. Materi ini disampaikan oleh T. Yetti Pudiyantari, M.Pd. dari BBGP DIY.

Kegiatan FGD dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk melaksanakan sinkronisasi program antara BPMP DIY dan Pemda (Dinas Pendidikan dan Pokja Ibu PAUD Kabupaten/Kota). FGD diakhiri dengan presentasi hasil diskusi kelompok, serta peneguhan komitmen bersama seluruh stakeholder untuk bergotong royong dan berkolaborasi dalam mengawal program transisi PAUD SD di daerahnya. (Erni_Pokja2)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …