Festival Pencak Silat Semarakkan Bulan Merdeka Belajar Hardiknas DIY

Yogyakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Festival Pencak Silat Semarak Bulan Merdeka Belajar digelar pada Sabtu hingga Minggu (25-26/05/24) di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. Sugianta, Ketua Panitia Bersama Bulan Merdeka Belajar 2024.

Festival ini diikuti oleh para pelajar yang mewakili jenjang pendidikan SD, SMP, SMK, dan madrasah sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan jumlah peserta mencapai 100 orang. Pembatasan jumlah peserta ini dilakukan mengingat waktu pelaksanaan kegiatan yang hanya dua hari.

Para peserta festival bersaing dalam lomba jurus tunggal IPSI, sebuah kategori yang juga dilombakan Puspresnas dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Menurut Sugianta, festival ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan para pelajar dalam seni bela diri tradisional Indonesia, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat semangat kebangsaan dan cinta tanah air melalui olahraga.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik dan mencintai budaya asli Indonesia, khususnya pencak silat,” ujarnya. Pada festival ini, di kelompok SD/MI putra juara 1 diraih Elang Satya Hanafi (MIS Al Huda), juara 2 Fivaldi Dwi Ramadan (SDN Sendowo III Nglipar), Juara 3 Davin Daniswara Dzaki (SDN Gunturan) dan Taruwara Tanama (SD Pangudiluhur 2 Yogyakarta).

Kelompok SD/MI putri, juara 1 diraih Fahira Nadhifa Aly (SDN Singosaren), juara 2 Nida Nur Kodriyah (SD Muhammadiyah Bantul Kota), juara 3 Kinara Fauzia Rafifa (SD Muhammadiyah Bantul Kota) dan Acquila Najuwa Hidayat (SD Muhammadiyah Kleco 2).

Kelompok SMP/MTs putra, juara 1 Ilyas Fakhrudin (SMPN 3 Sleman), juara 2 Satya Bima Nugraha (MTsN 9 Bantul), juara 3 Fathoni Sheva Pamungkas (SMPN 2 Sewon) dan Saktifhat Prabandaru (SMPN 1 Nglipar). Kelompok SMP/Mts putri, juara 1 Afifa Kalea Mochtar (SMPN 8 Yogyakarta), juara 2 Naila Rafifah (SMPN 3 Banguntapan), juara 3 Maulida Evenalla (SMPN 1 Kalasan) dan Haya Nabila (SMPN 1 Sewon).

Kelompok SMA/SMK/MA putra juara 1 diraih Fahda Abdillah (SMAN 1 Pengasih), juara 2 Anwar Udin (SMKN 1 Pandak), juara 3 Raditya Bagus (SMAN 1 Pengasih) dan Muh Haikal (MA Sunan Pandanaran). Kelompok SMA/SMK/MA putri, juara 1 Razita Batrisya (SMAN 1 Depok), juara 2 Cantika (SMAN 1 Kretek), juara 3 Septi Arnista (SMKN 1 Pandak) dan Luna Maya (SMAN 1 Pengasih).

Penyerahan penghargaan untuk para pesilat peraih prestasi pada festival ini berlangsung pada penutupan Puncak Gebyar Bulan Merdeka Belajar, Minggu 26 Mei 2024.

Pengelola Museum Benteng Vredeburg, Muhammad Rosyid Ridho saat menutup kegiatan mengapresiasi partisipasi dan kolaborasi 8 UPT dan 4 PTN Kemdikbudristek di DIY. “Keragaman kegiatan selama 3 hari ini mampu menarik partisipasi publik, terbukti Benteng Vredeburg dikunjungi lebih dari 10,000 tamu,” jelasnya.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …