ZIWBK

FASILITASI KEMITRAAN IKM: Menyelami Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini

Beralihnya tupoksi LPMP menjadi BPMP membawa perubahan ketugasan, salah satunya adalah untuk pertama kalinya BPMP mengawal pendidikan anak usia dini, hal ini menjadi tantangan tersendiri. Dengan semangat berbagi, belajar dan menyelami lebih jauh dinamika dalam PAUD, BPMP Prov. DIY bermitra dengan Himpaudi DIY menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Kemitraan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi pemberdayaan organisasi kemasyarakatan PAUD dalam rangka akselerasi target capaian Program IKM yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek.

Kegiatan berlangsung satu hari pada tanggal 24 Februari 2023 bertempat di Ruang Rapat 3 BPMP Prov. DIY, dengan peserta 30 orang terdiri dari unsur kepala sekolah, guru dan pengurus PAUD se- D.I. Yogyakarta. Menandai momen kemitraan, pada kesempatan tersebut dilangsungkan penandatanganan MoU antara BPMP Prov. DIY dengan Himpaudi DIY tentang Peningkatan Mutu Pendidikan pada Jenjang PAUD.

Dalam sambutan pembukaannya mewakili Kepala BPMP Prov. DIY, Plt. Kasubbag Umum, Mustari, S.Si.,M.Si menyampaikan pemikirannya bahwa tidak ada kurikulum yang salah, yang ada hanyalah menyesuaikan dengan masanya, oleh karenanya perubahan kurikulum adalah hal yang niscaya dilakukan. Lebih lanjut Pak Mus menuturkan kebijakan Merdeka Belajar memberi keleluasaan bagi guru untuk mendorong dan mengembangkan bakat serta minat setiap siswa dengan strategi yang berbeda-beda. Perlu mulai dipahami bahwa softskill yang terbentuk sejak usia dini –  berpikir komprehensif, berstrategi, percaya diri, kreatif dan inovatif sejatinya sangat berpengaruh pada perkembangan anak dan menjadi modal terjun ke dunia masyarakat. Merespon kebijakan transisi PAUD-SD, Pak Mus menambahkan perkembangan dari jenjang  PAUD ke SD harus dipersiapkan dengan baik, meminimalisir calistung dan fokus memperkuat pengembangan karakter anak. Pada kesempatan tersebut Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi DIY, Zamzami Ulwiyati Darojat.S.Ag., M.Pd menyampaikan apresiasi dan penghargaan pada BPMP Prov. DIY atas komitmennya untuk memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan di D.I. Yogyakarta khususnya jenjang PAUD, dan berharap kegiatan kali ini akan menjadi awal kemitraan yang positif dan sinergis.

Kegiatan Fasilitasi Kemitraan IKM dipandu oleh narasumber dari BPMP Prov.DIY yang terdiri dari unsur pejabat struktural, widya prada dan fasilitator PSP, mengusung materi Kebijakan Program Prioritas Kemendikbudristek Episode 15 IKM dan PMM, Sosialisasi Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Paradigma Baru KOSP Penilaian dan P5, Tupoksi BPMP Prov. DIY dan Program Fasilitasi Kemitraan BPMP Prov. DIY, Perencanaan Transisi PAUD-SD, PMM dan Komunitas Belajar, serta Rencana Tindak Lanjut Proker Himpaudi DIY dalam IKM – sesi RTL ini juga menjadi ajang sharing persoalan yang dihadapi jenjang PAUD dalam implementasi Kurikulum Merdeka. BPMP berharap ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini dapat memperkuat wacana, pengetahuan dan kompetensi penggerak PAUD dalam mendorong peningkatan mutu jenjang PAUD di D.I. Yogyakarta, maka dari itu proses pengimbasan menjadi sangat diperlukan. (Sin)

Artikel Lain

Bincang Santai Bersama Pak Dirjen: Always Seputar Merdeka Belajar!

Sebagaimana diketahui, Kebijakan Merdeka Belajar diluncurkan Mendikburistek pada 2020, dan semenjak itu terus bergulir berbagai episode …

Perkuat Sinergi dan Kompetensi Menuju Efektivitas Tujuan Program Kerja

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Program Kerja tahun 2023. Workshop …