DONGKRAK PEMANFAATAN PMM, BPMP DIY LAKSANAKAN KOORDINASI PSP DAN IKM

Selasa (22/7) BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pertemuan Periodik PMO periode Juli 2022. Pertemuan  ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran Tim PMO dalam mengawal implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP), serta merefleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Hadir pada acara ini Tim PMO dari Dinas Dikpora DIY, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Dinas Dikpora Kota Yogyakarta, Balai Dikmen Kabupaten Gunungkidul, Balai  Dikmen Kabupaten Bantul, Balai Dikmen Kota Yogyakarta, BBGP Provinsi DIY, BBPPMPV Seni Budaya, fasilitator sekolah penggerak, koordinator pelatih ahli dan Tim PMO BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta. Dalam laporan penyelenggaraan kegiatan, Kepala Subbagian Umum BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta, Mustari, S.Si., M.Si. melaporkan tentang maksud, tujuan dan agenda kegiatan Pertemuan Periodik PMO periode Juli 2022.

Turut hadir memberikan pengarahan dan membuka kegiatan secara resmi, Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. Sarjilah menekankan bahwa penggunaan platform merdeka mengajar di Daerah Istimewa Yogyakarta masih rendah, untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya dari semua pihak yang terlibat agar segera menggiatkan percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan PMO beragendakan paparan materi dari Kapten Belajar.id propinsi DIY, Yuli Nestiyarum, tentang Aktivasi dan optimalisasi platform merdeka mengajar. Yuli menyampaikan tentang Jenis, Tujuan, Manfaat dan cara aktivasi akun belajar.id. Yuli Nestiyarum juga memaparkan hal hal terupdate terkait akun belajar.id., antara lain, pengguna yang dinonaktifkan, pengguna baru, pengguna yang pindah jabatan, serta pengguna pindah ke jenjang pendidikan berbeda.

Sementara itu, Koordinator Seksi Sistem Informasi BPMP DIY Teguh Sardiyono, S.T., M.Pd. Menyampaikan bahwa dalam upaya mengatasi permasalahan terkait rendahnya aktivasi akun belajar.id,  BPMP DIY baru saja mendapatkan hak akses untuk mereset akun belajar.id  siswa, guru, pengawas (kecuali admin). Untuk itu bagi user yang akan mereset pasword akun belajar.id dapat menghubungi seksi Sistem Informasi BPMP DIY by phone (0274) 496921 atau bisa melalui Unit Layanan Terpadu BPMP DIY di laman http://ult.bpmpjogja.kemdikbud.go.id/

Tim PMO BPMP Provinsi D.I. Yogyakarta menyampaikan Progres Report pelaksanaan PSP angkatan 1 dan 2 yang masih mengalami berbagai kendala antara lain, kondisi SDM yang belum ideal, belum adanya panduan laporan, dan penjadwalan yang belum sesuai dengan struktur kurikulum merdeka.

Pada akhir kegiatan, Mustari mengharapkan dukungan semua pihak agar mengoptimalkan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk optimalisasi peran Tim PMO dalam mengawal implementasi PSP, khususnya angkatan III, serta merefleksi implementasi PSP angkatan I dan II serta implementasi kurikulum merdeka. Mustari juga berharap agar Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) lebih siap mendampingi sekolah penggerak dalam mengimplementasikan transformasi pendidikan menuju paradigma baru. Selain itu Mustari juga mengharapkan dukungan semua pihak agar adoption rate (akses) dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk mempelajari kurikulum merdeka juga meningkat. (Mulyani, SBU)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …