Diklat asesor PKG Kerjasama KKMTs Kemenag Kab. Bantul

Penilaian kinerja guru (PKG) Berdasarkan Peraturan Menteri Negara RB dan PAN Nomor 16 Tahun 2009, adalah evaluasi yang dilaksanakan setiap poin dari aktivitas kewajiban utama guru dengan tujuan bimbingan kepangkatan, karir dan jabatan. Untuk melakukan evaluasi dimaksud diperlukan asesor yang kompeten dan handal dalam melakukan penilaian karena hasil PKG merupakan figur kinerja guru yang bisa memberikan cermin dari keunggulan dan kelemahan guru. Hasil dari PKG adalah dasar untuk sekolah dalam memutuskan peningkatan promosi dan karir guru. Sementara untuk guru, PKG atau penilaian kinerja guru adalah panduan untuk memahami elemen apa saja yang bisa membuat kapabilitasnya menjadi lebih berkembang.

Mengingat pentingnya fungsi asesor inilah yang melatarbelakangi KKMTs Kemenag Kabupaten Bantul mengkoordinasikan guru-guru MTs untuk mengikuti diklat asesor PKG dengan dana BOS. Diklat asesor PKG dilaksanakan bekerjasama dengan LPMP DIY selama 4 hari mulai pada tanggal 25 sd 28 Agustus 2020. Diklat asesor PKG diikuti 31 peserta yang berasal dari MTs negeri dan swasta di wilayah Kemenag Kabupaten Bantul. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang GTK Kanwil Kemenag DIY H. Abdul Suud S.Ag. M.Si dan dihadiri oleh pengurus KKMTs dan pejabat struktural LPMP DIY. Diklat asesor PKG dilaksanakan dengan pola 37 JP terdiri dari 29 JP materi pokok dan 8 JP materi penunjang. Pada hari terakhir dilaksanakan ujian untuk menentukan peserta layak menjadi seorang asesor PKG.

Patuh protokol kesehatan tetap diterapkan selama diklat berlangsung. Seluruh peserta, narasumber dan panitia wajib memakai masker, cek suhu tubuh sebelum masuk kelas dan social distancing dilakukan dengan memecah kelas menjadi 2 bagian untuk meminimalkan kerumunan. Meskipun demikian kegiatan tetap didesain interaktif dan menyenangkan. Diklat asesor PKG ditutup pada hari jum’at 28 Agustus 2020 oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Bantul, Jauhar Mukhlis Sulistyanta, S.Ag. Pada saat penutupan juga diberikan apresiasi kepada 3 peserta terbaik di masing masing kelas yakni kelas A : Mafrudah, S.Ag, M.Pd. I, Sugeng Muhari, S.Pd. Si dan Abdul Kirom, S.Th.I. M.Hum. Sedangkan untuk kelas B, 3 peserta terbaik yakni Budi Hartono, S.Pd, Nur Hartati, S.Pd dan Hendriana Wijaya, S.Hu. MA. Diharapkan setelah mengikuti diklat, seluruh peserta mempunyai bekal dalam melakukan penilaian kinerja di institusi masing masing dan mengimbaskan ilmu yang diperoleh selama diklat kepada teman sejawat (erni_fpmp).

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …