Bantul – BPMP DIY melakukan kunjungan kerja ke PKBM Sanggar Anak Alam (Salam), Jumat pagi (14/06/2024), di Kasihan Bantul. Kunjungan dipimpin oleh Kepala BPMP Provinsi DIY, Bambang Hadi Waluya, didampingi oleh beberapa orang widyaprada dan staf.
Rombongan diterima oleh Kepala Sekolah Salam, Yudhistira Aridayan, bersama dengan dua orang guru, Margaret Widi Pratiwi dan Nur Febrian Jiwadhari. Dalam sambutannya, Bambang menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut, yaitu untuk memahami lebih dalam mengenai kegiatan dan sistem pendidikan yang diterapkan di Salam.
Yudhistira kemudian memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah berdirinya Salam. Sekolah ini didirikan oleh Sri Wahyaningsih dan Toto Rahardjo, yang prihatin terhadap sistem pendidikan yang ada.
Menurut mereka, pendidikan seharusnya memfasilitasi terjadinya proses belajar, sesuatu yang mereka anggap kurang terjadi di sekolah-sekolah pada umumnya. Salam awalnya berkembang dari jenjang Kelompok Bermain, kemudian berlanjut ke Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
Pada awalnya, bentuk pendidikan yang diterapkan tidak dipikirkan apakah formal atau non-formal. Namun, seiring berjalannya waktu dan munculnya kebutuhan kelembagaan, mereka mengajukan permohonan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul.
Karena beberapa persyaratan tidak terpenuhi, pada akhirnya dibentuklah PKBM Salam pada tahun 2010. Setelah pemaparan sejarah Salam, rombongan BPMP DIY mengajukan beberapa pertanyaan mengenai proses belajar di Salam, cara guru atau fasilitator dalam mendidik anak, serta idealisme yang ingin dicapai.
Sesi tanya jawab berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Di akhir pertemuan, Bambang menanyakan tentang penguatan bagi para fasilitator agar tetap istiqomah di berbagai tantangan yang dihadapinya.
Yudhistira menjelaskan bahwa setiap semester dan untuk persiapan semester baru, mereka mengadakan workshop untuk evaluasi. Mekanisme evaluasi juga dilakukan di kelas dan unit, serta fasilitator mendapatkan dukungan dari forum orangtua yang berfungsi sebagai sistem pendukung untuk masing-masing kelas.