BPMP DIY Memperkuat Sinergi Menuju Efektivitas Pelaksanaan Program Kerja 2024

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Program Kerja dan Anggaran tahun 2024. Workshop berlangsung 2 hari, Rabu (31/1) hingga Kamis (1/2) di Amaranta Prambanan Yogyakarta.

Hadir menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan Kasubbag Umum BPMP DIY Retno Wijayanti. Dalam sambutannya Retno mengajak seluruh elemen institusinya untuk menciptakan sinergi menuju efektivitas pelaksanaan semua program kerjanya. Retno berharap Workshop Perencanaan Program dan Anggaran BPMP D.I. Yogyakarta menjadi media koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan.

“Penguatan koordinasi antar pelaku penyelenggaraan kegiatan (tim kerja/kelompok kerja) dan supporting unit khususnya pengelola keuangan dapat menciptakan integrasi, sinergi, konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan,” ungkap Retno. Pihaknya berharap pada tahun 2024 dapat tercapai penggunaan sumber daya secara efisien, efektif,akuntabel, berkeadilan dan berkelanjutan.

Narasumber kegiatan ini menurut Panitia Pelaksana Adri Margono, melibatkan pejabat atau personal Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek yang menangani program dan anggaran. Selain itu juga menghadirkan unsur Kanwil Ditjen Perbendaharaan D.I. Yogyakarta dalam materi mekanisme pengelolaan keuangan dan pengukuran kinerja keuangan.

Adri menambahkan, kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari unsur pejabat struktural, Ketua Tim Kerja, Koordinator Kelompok Kerja, serta pengelola program dan anggaran BPMP D.I. Yogyakarta. Kegiatan sepenuhnya dibiayai melalui DIPA BPMP D.I Yogyakarta tahun anggaran 2024.

Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan, menurut Adri antara lain dicapai kesepahaman terkait strategi pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2024. Selain itu dalam kegiatan ini semua dokumen perencanaan program dan anggaran BPMP DIY tahun 2024 yang berupa Kerangka Acuan Kerja (KAK), Program Kerja, Jadwal Kegiatan dan Rencana Penarikan Dana (RPD) dapat disempurnakan.

“Melalui kegiatan ini, seluruh elemen di BPMP DIY akan memiliki persepsi yang selaras atas program kerja berikut strategi pelaksanaannya, dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien dengan benefit optimal,” tegas Adri.

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …