BPMP DIY LAKSANAKAN PELATIHAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BAGI SEKOLAH PENGGERAK

Balai Penjaminan  Mutu Pendidikan (BPMP) merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemedikbud Ristek yang ada di setiap provinsi dan memiliki tugas pokok dan fungsi mengawal implementasi kebijakan di provinsi. BPMP DIY, salah satunya adalah mengawal implementasi kebijakan Program Sekolah Penggerak (PSP).

Dimulai sejak hari Senin (20/6) BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Pelatihan pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) selama 4 (empat) hari berturut-turut bertempat di Hotel Grand Rohan Jogja.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran tahun 2022 dilaksanakan dalam 2 Angkatan masing-masing angkatan selama 2 hari. Dari tanggal 20 – 23 Juni 2022 bertempat di Hotel Rohan, Gedong Kuning,Banguntapan, Bantul. Peserta kegiatan ini adalah guru yang bukan anggota komite pembelajaran di sekolah penggerak sebanyak 158 orang.

Insan Yudanarto, S.T., M.Pd., koordinator fungsi Pemetaan dan Pengelolaan Data dan Informasi BPMP menyampaikan bahwa kegiatan pelayihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan pendidik dalam memanfaatkan TIK saat mengelola dan mengembangkan pembelajaran di sekolah. Sementara itu, Kepala BPMP DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd., saat memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengemukakan bahwa keberadaan BPMP DIY adalah untuk memfasilitasi sekolah dalam memberikan layanan prima kepada peserta didik. Oleh karena itu, BPMP DIY dengan tangan terbuka siap memberikan fasilitasi atau bantuan jika dibutuhkan. BPMP DIY bertekad untuk dapat menjadi UPT unggul yang dapat mengantarkan provinsi D.I. Yogyakarta sebagai barometer mutu pendidikan nasional.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 20 sd 23 Juni dengan baik dan lancar. Peserta kegiatan mendapatkan pembekalan tentang  Optimalisasi akun Belajar.id, Platform Merdeka Mengajar, Pengantar Canva for Education, Canva for Edu, Pembuatan Video Pembelajaran, dan Ekspos Media Pembelajaran serta mempraktekan langsung dengan bimbingan Perekayasa Teknologi Pendidikan (PTP) BPMP D.I.Y.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …