BPMP DIY Gandeng RBTV untuk Kampanye Gerakan Merdeka Belajar

Yogyakarta – BPMP DIY melakukan audiensi dengan RBTV, bagian dari RB Group, untuk menjajaki potensi kerjasama mitra pembangunan dan mitra pendidikan, Rabu (3/4/24) di Studio RBFM Jagalan Yogyakarta. Pertemuan diinisiasi BPMP DIY untuk membuka pintu kerjasama antara Dinas Pendidikan dan industri media guna mengoptimalkan kampanye Gerakan Merdeka Belajar di wilayah DIY.

Hadir dalam audiensi Tri Maryunanto, Yudha Kurniawan, dan Ferry Timur dari BPMP DIY, dan diterima oleh Dirut RBTV Wahyu Sudarmawan didampingi HRD RB Group Yossy. Diharapkan melalui audiensi ini akan melahirkan program acara yang bermanfaat untuk mempublikasikan berbagai praktik baik yang telah dilakukan satuan Pendidikan di DIY dalam implementasi Merdeka Belajar.

Dalam pertemuan ini Ferry Timur menjelaskan berbagai hal mengenai Merdeka Belajar, dan pihaknya ingin RBTV mendukung dengan program acara misalnya podcast dengan narasumber para kepala Dinas Pendidikan di DIY maupun kepala sekolah. “Para Kepala Dinas Pendidikan sangat kompeten untuk mengajak satuan pendidikan dan masyarakat berkolaborasi menyukseskan impelementasi Merdeka Belajar,” ungkapnya.

Ferry menambahkan, kepala sekolah perlu diberi kesempatan pula oleh RBTV, untuk menyajikan praktik baik yang telah berlangsung di satuan pendidikannya. Menanggapi hal ini, Dirut RBTV Wahyu Sudarmawan pada prinsipnya tidak keberatan, namun demikian pihaknya ingin kerjasama yang dijalin dapat efektif berdampak untuk kemajuan Pendidikan.

“Kita ingin kerja bareng itu dalam rangka menstimulasi atmosfer implementasi Merdeka Belajar, bukan sekedar membuat acara bersifat seremonial semata,” tandasnya. Hal ini ditanggapi Yudha Kurniawan yang berharap RBTV dapat menjadi sahabat satuan pendidikan dalam memproduksi konten-konten keunggulan sekolahnya.

“Sebagian satuan Pendidikan cukup aktif melakukan siaran podcast dan memproduksi karya-karya audio video tentang praktik baik dan keunggulan yang dimiliknya, apabila RBTV turut membersamai tentu sangat bermanfaat,” ujarnya. Wahyu Sudarmawan selanjutnya berharap BPMP DIY segera merumuskan rencana bentuk kerjasamanya, sehingga setelah liburan lebaran dapat dimatangkan.

Kedua pihak-pun sepakat akan melanjutkan koordinasi guna merealisasikan Kerjasama yang dijalin. BPMP DIY selanjutnya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dalam rangka menggali kebutuhan dan pesan yang hendak ditayangkan, serta menuangkannya dalam draft MoU yang akan diajukan untuk dipelajari oleh pihak RB Group.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …