BPMP DIY Apresiasi Dukungan Pemda dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar

penghargaan-pentas-pameranBPMP DIY mengapresiasi 6 Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar. Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPMP DIY Eko Sumardi dalam acara Evaluasi dan Refleksi Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Rabu (20/12/12) di Indoluxe Hotel Yogyakarta.

“Terima kasih atas kolaborasi seluruh otoritas Pendidikan di DIY selama, sehingga di tahun 2023 capaian optimal berhasil kita raih dalam implementasi berbagai program prioritas kementerian,” ungkap Eko. Saat ini, menurut Eko, anak-anak sekolah di DIY telah menikmati proses pembelajaran yang menyenangkan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Eko menambahkan, dengan dukungan Pemda para guru telah saling terhubung untuk saling belajar dan berbagi dengan Platform Merdeka Mengajar. “Selain itu, terobosan-terobosan lain seperti Asesmen Nasional, Rapor Pendidikan Indonesia, Perubahan Mekanisme BOS, program Guru Penggerak, dan rangkaian program lain dalam Merdeka Belajar telah memberikan dampak dan manfaat yang nyata dalam transformasi Pendidikan Indonesia,” tutur Eko Sumardi.

Dalam acara ini berkenan menerima penghargaan, Kadinas Dikpora DIY Didik Wardoyo, Kadinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori, Kadinas Dikpora Bantul Isdarmoko, Kadinas Dikpora Kulon Progo Arif Prastowo, Kadinas Dikpora Gunungkidul Nunuk Setyowati, serta Kadinas Pendidikan Sleman Eri Widaryana.

Pameran Sekolah Penggerak dan Pentas Seni Pelajar Pancasila

Penyerahan apresiasi dukungan Pemda dimeriahkan dengan pameran sekolah penggerak dan pentas seni Pelajar Pancasila. Performance seni diawali angklung TK Retnoningrum Godean yang menampilkan lagu Jogja Istimewa dan Naik Kereta Api.

Penampilan tarian disajikan oleh TK Model Sleman, selanjutnya SMA Negeri 2 Ngaglik menampilkan lagu Duta Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Pameran sekolah penggerak diikuti oleh TK Model Sleman, SD Depok 1 Sleman, SMP 15 Yogyakarta, SMA 2 Bantul, SLB 1 Kulon Progo, dan PKBM Mandiri Bantul.

Anjungan SLB 1 Kulon Progo dalam pameran menampilkan produk hasil projek P5 berupa bakiak hias, mainan tradisional layangan, bibit kangkung, kreasi barang bekas bunga dari kresek, serta dompet dari karton dan kain perca. Selain itu ditampilkan produk unggulan vokasional milky choco, serta karya tata busana batik ciprat dan totebag Lukis.

Sementara itu anjungan SMP 15 Yogyakarta memamerkan hasil karya projek P5 ecoprint, handsanitizer, mug, dan barang hias lain. Selain itu menampilkan produk instra senirupa yang seluruh prosesnya dari merancang konsep, membuat karya, hingga memamerkannya yang dilakukan oleh siswanya.

Dari PKBM Mandiri Bantul dapat disaksikan produk karya siswa tata boga berupa makanan tradisional stik ketela, adrem, olahan singkong, naget singkong, olahan pisang, dan srundeng. Selain itu PKBM Mandiri juga menampilkan produk hantaran, mug, dan sablon, serta produk lain dari aktivitas siswanya.

SD 1 Depok Sleman memamerkan produk projek P5 kelas 4 berupa gantungan kunci dan gelang tali dari bahan kimia senyawa resin dan hardener. Hasil selain dipamerkan dan dipasarkan, juga membuat anak menjadi lebih kreatif, dan menciptakan kolaborasi orangtua dengan sekolah. Produk P5 kelas 6 yang dipamerkan sabun cuci piring sesuai tema, bahan mudah didapat, dan aman. SD 1 Depok juga menampilkan film pendek Lincak (linuwih cahyaning kabudayan) yang merupakan serial literasi budaya.
Ada beberapa film bertema budaya antara lain unggah ungguh, lingling kesasar, permainan tradisional, lincak jalan jalan, dan jajanan tradisional,

SMA 2 Bantul menampilkan kampanye pencegahan perundungan, film anti perundungan karya anak ekskul sinematografi, serta digitalisasi rekayasa teknologi parkir. Selain itu juga menampilkan berbagai karya dari mulok batik.

Anjungan TK Model Sleman memamerkan dokumentasi kegiatan unggulan meeting pagi untuk pembiasaan salam, pengenalan konsep waktu, memahami angka dan huruf dengan metode menyanyi, nembang Jawa dan menyanyi Inggris, serta menghafalkan aturan kelas setiap pagi. Selain itu juga ditampilkan Sains dengan percobaan sederhana.

Artikel Lain

Pak Ery Mengungkap Kiat Sukses Sleman Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Sleman – Ery Widaryana, pria asli Bantul ini, Rabu (11/7/24) menyambut kunjungan tim Pubkom BPMP …

BPMP DIY Mendorong Aktivasi Akun belajar.id untuk Mendorong Percepatan Transformasi Pendidikan

Yogyakarta – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY mengadvokasi percepatan aktivasi akun belajar.id sebagai bagian …