BIMTEK STANDAR DAN KEBIJAKAN TEKNIS PENERAPAN SPM PENDIDIKAN PAUD

Mendorong Pelayanan Minimal Pendidikan, Menyentuh Level yang Paling Dasar

Merujuk pada Narasi Filosofi Kemendikbudristek, Merdeka Belajar telah menjadi gerakan besar  yang memberdayakan ekosistem pendidikan dan berdampak nyata pada peningkatan kualitas pembelajaran bagi murid dari PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Filosofi ini dijabarkan oleh Ditjen PAUD Dikdasmen menjadi : “Gotong royong antara pemerintah dengan pemangku kepentingan pendidikan untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang berdaya dan saling menguatkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi murid PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.” Kedua pemikiran di atas menjadi spirit bagi BPMP DIY dalam menggelar kegiatan Bimtek Standar dan Kebijakan Teknis Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Jenjang PAUD.

Bertujuan mensosialisasikan dan menjaring masukan serta permasalahan seputar penerapan SPMP pada Jenjang PAUD sebagai jenjang paling awal dan paling dasar dalam pelayanan pendidikan, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 juli 2023 bertempat di BPMP DIY, dihadiri oleh perwakilan dari bidang PAUD dan bagian perencanaan Dinas Dikpora/Pendidikan Kabupaten/Kota, Himpaudi dan IGTK   Provinsi/kabupaten/Kota di DIY. Pada sambutan pembukaan mewakili Kepala BPMP DIY, Kasubbag Umum, Retno Wijayanti, S.Psi.,Psi.,M.Pd menyampaikan bahwa Kebijakan Merdeka Belajar (KMB) dimulai dari pondasi yang paling dasar, yaitu PAUD, maka kita perlu untuk menguatkan anak-anak sedari dini untuk menjadi pembelajar yang positif. Hari ini kita bersama-sama membahas Standar Pelayanan Minimal, lanjut Bu Retno, karena BPMP tidak ada fungsinya tanpa berkolaborasi dengan para stakeholder di daerah – dan berbicara tentang standar, kita butuh mengkaji Rapor Pendidikan sebagai data akurat dalam Perencanaan Berbasis Data mulai dari satuan pendidikan sampai dengan pemerintah daerah dan pusat.

Sesi inti dari kegiatan bimtek ini adalah penyampaian materi Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data untuk Satuan Pendidikan PAUD untuk Satuan Pendidikan dan Pemda serta Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan PAUD dan Strategi Implementasinya, dilanjutkan dengan Diskusi Strategi pemenuhan SPM bagi Pemda, dipandu oleh narasumber Dr. Sugiyanta, Dody Arianto, S.T.,M.Pd dan Mustari, S.Si.,M.Si. Beberapa info baru muncul melalui diskusi dan tanya jawab, antara lain keberadaan Survey Lingkungan Belajar (Sulinjar) sebagai dasar memperoleh profil pendidikan Jenjang PAUD, perubahan mindset bahwa sudah saatnya penerapan SPMP Jenjang PAUD juga merangkul dan membebankan pada masyarakat, dan komitmen untuk menyukseskan transisi PAUD ke SD secara smooth.

Melalui kegiatan ini, harapannya Himpaudi dan IGTK akan lebih memahami pencapaian program pendidikan, memberi masukan bagi perencanaan daerah untuk memenuhi indikator prioritas pendidikan, serta mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang selama ini muncul dalam penerapan SPMP Jenjang PAUD.(SIN)

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …