Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas
Oleh :
Harli Trisdiono, SE. M.M
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : harli_tris@yahoo.co.id
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melaksanakan dan menyusun laporan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Bunder, Kabupaten Gunungkidul sebanyak 30 orang dari 5 sekolah. Penelitian dilakukan dengan memberikan pengetahuan penelitian tindakan kelas, mendampingi selama melaksanakan penelitian, dan mengoreksi laporan hasil penelitian yang dibuat subjek penelitian. Data diambil dari proses penelitian dengan observasi, dan proses penyusunan laporan PTK dengan menganalisis produk laporan yang dibuat. Data dilengkapi dengan wawancara kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kendala dalam menyusun kalimat ilmiah yang disebabkan terbatasnya tulisan ilmiah yang dibaca. Guru juga mengalami kesulitan dalam menyusun kajian teori yang disebabkan oleh tidak cukup tersedianya referensi dalam berbagai bentuk seperti buku, jurnal, akses internet, dan perpustakaan.