Analisis Kebutuhan Diklat Guru Sekolah Dasar dalam Literasi Teknologi Informasi Komunikasi

Analisis Kebutuhan Diklat Guru Sekolah Dasar dalam Literasi Teknologi Informasi Komunikasi

Oleh :
Harli Trisdiono, SE. M.M
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : harli_tris@yahoo.co.id

DSC_9302-3

Abstrak

Pelaksanaan tugas guru dalam memfasilitasi siswa menguasai kompetensi tertentu dan mengembangkan profesionalismenya tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi guru sekolah dasar pada bidang teknologi informasi. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan pengembangan keprofesian. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi terhadap hasil kerja guru dalam membuat dokumen dan proses pembuatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi guru masih cukup, sehingga perlu dilakukan pendidikan dan pelatihan TIK khususnya pada materi pengolah kata.

Kata Kunci : TIK, pengolah kata, literasi

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Tingkat Literasi TIK
Sumber : Telematika Indonesia, Kebijakan dan Perkembangan Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKPI), Kementeri Komunikasi dan Informatika RI, 2004, hal. 88

 

Artikel Lain

Kontribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati diri Siswa

Kontribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati diri Siswa oleh Dra. Sri Heny Kusningsih A.Pendahuluan …

Kepengurusan Widyaiswara LPMP DIY Periode Tahun 2016

Memasuki tahun anggaran 2016 dan seiring dengan restrukturisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seluruh UPT dibawah …