Advokasi Penerapan Kurikulum Merdeka, BPMP Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta selenggarakan Bimtek dan Penguatan Pembelajaran Paradigma Baru


Bertempat di Aula Ki Mangun Sarkoro BPMP D.I.Y, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DIY menyelenggarakan Bimtek dan Penguatan Pembelajaran dengan Paradigma Baru ke Pemerintah Daerah selama dua hari . tanggal 28 s.d. 29 Juni 2022.

Pada sesi pembukaan koordinator fungsi fasilitasi dan kemitraan  peningkatan mutu Pendidikan sekaligus Koordinator IKM BPMP Prov. DIY,  Dr. Arwan Rifai menyampaikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi program prioritas, maka Bimtek dan Penguatan Pembelajaran dengan Paradigma Baru mendesak untuk dilakukan.

Kepada peserta, Koordinator IKM BPMP DIY, Dr. Arwan Rifai meminta agar peserta mengikuti Bimtek dengan baik dari awal sampai akhir kegiatan, meminta agar berperan aktif sebagai peserta sehingga kegiatan komunikasi tidak hanya satu arah dari narasumber.

Selain itu kepada peserta bimtek, supaya pengetahuan Implementasi Kurikulum Merdeka yang didapatkan selama bimtek agar ditransformasi kepada kepsek dan guru-guru binaan di sekolah, sehingga sekolah mendapatkan informasi bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ini adalah bagian dari tanggung jawab kita,” imbuh Arwan menutup kata sambutan.

Implementasi pelaksanaan kurikulum merdeka perlu segera diterapkan di setiap sekolah yang telah mendapat SK dari Kepala Badan Standar Kurikulum Assemen Pendidikan. Kurikulum merdeka merupakan episode 15 Kegiatan Merdeka Belajar yang telah dikampanyekan mendikbudristekdikti yang belum dipahami secara utuh oleh Kepala Sekolah dan Guru di sekolah.

Guna mendukung proses implementasi kurikulum merdeka di Daerah Istimewa Yogyakarta berkoordinasi dengan UPT kemenristekdikbud yang ada di DIY dengan dinas Pendidikan prov/kabupaten/kota, sehingga menjadikan dasar untuk memberdayakan potensi Dinas Pendidikan untuk mengirimkan pejabat struktural dan pengawas sekolah  untuk  menjadi peserta kegiatan ini. Untuk Praktik pengelolaan implentasi kurikulum, Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul menjadi Narasumber berbagi praktik baik.

Dalam pengarahan dan sekaligus penyampaian materi, Kepala BPMP D.I.Y., Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan bahwa Merdeka Belajar Episode 15 Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar ditindak lanjuti dengan Implementasi yang ditujukan kepada Disdikpora kab/kota/prov untuk mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka pada tahun ini hingga kedepannya.

Untuk lebih memahami Implementasi Kurikulum Merdeka, ada beberapa artikel sederhana yang dapat dibaca.

  • Kurikulum Merdeka sebagai opsi pemulihan pembelajaran
  • Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka
  • Strategi IKM jalur mandiri
  • Pilihan IKM jalur mandiri
  • Platform Merdeka Mengajar

Kesempatan yang sama Kepala Bidang SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo, M.Pd. menyampaikan terkait Praktik Baik dalam penyelenggaran kebijakan mengenai implementasi kurikulum merdeka. Dinas Pendidikan menyambut baik kerjasama yang dijalin antara Dinas dengan BPMP D.I.Y. sebagai unit pelaksana teknis Kemendikbudristek.

Kegiatan Bimtek dan Penguatan Pembelajaran Paradigma Baru diampu oleh Widyaprada BPMP DIY, yakni Legiman,M.Pd., Dra. Istiyati Chatarina., Dr. Harli Trisdiono., Wendhi Prayitno, M.T. serta pemateri dari BBGP DIY, Dra. Iryanti Pujiastuti, M.Pd serta dari Duta Rumah Belajar, Yuli Nestyaningrum. S.Pd.

Artikel Lain

Refleksi Untuk Meningkatkan Kualitas IKM pada Tahun Ajaran 2024/2025 di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Refleksi Tahap 1 atas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada …

Kolaborasi BPMP DIY dan PEMDA Untuk Wujudkan Pendidikan Bermutu di DIY

Yogyakarta – BPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Program Manajemen Operasional (PMO), Kamis (20/6/2024) di Hotel Grand …